Berkunjung ke PALI, Balmon akan Gelar Sosialisasi dan Unar


PALI,BERITA-ONE.COM - Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas I Palembang Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) berkunjung ke SMK Negeri 1 Talang Ubi, Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Jumat (22/10/2021).

Kedatangan dari pihak Balai Monitor ini untuk melaksanakan pemantapan terkait dengan rencana pelaksanaan kegiatan sosialisasi Undang-Undang Nomor 36 tahun 1999 tentang telekomunikasi dan spektrum frekuensi radio serta kegiatan pelaksanaan Ujian Negara Amatir Radio (Unar) yang akan dilaksanakan nanti tanggal 11 - 13 November 2021 yang rencananya akan dilaksanakan di Kabupaten PALI.

“Nanti akan ada ujian bagi masyarakat yang berminat untuk menjadi anggota Organisasi Amatir Radio Indonesia (Orari). Di Kabupaten PALI ini sendiri sudah 3 orang yang mendaftar untuk ikut ujian ini. Masih banyak waktu bagi masyarakat untuk mendaftar dan pendaftaran bisa dilakukan secara online dengan link iar-ikarp.postel.go.id .Dan untuk pendaftaran ini sudah diumumkan melalui radio dan bisa di akses melalui online juga,” terang Ir. Muhammad Sopingi, MM Kepala Balai Monitor Spektrum Frekuensi Kelas 1 Palembang.

Dirinya menjelaskan, dengan adanya Amatir Radio ini yang diwadahi oleh Orari banyak sekali manfaatnya dari kegiatan amatir radio ini. Pertama untuk kegiatan sosial, keamanan lingkungan, dan dapat menyalurkan berbagai informasi ke daerah-daerah pedalaman yang memang belum ada fasilitas Internet atau jaringan telekomunikasi.

Misalnya ada informasi kebakaran hutan, atau penyampaian informasi lainnya dapat disampaikan ke daerah-daerah pedalaman yang tidak ada jaringan telekomunikasi atau Internetnya melalui Orari ini. Misalnya ada bencana, yang saat itu fasilitas komunikasi semuanya tumbang, tentu yang hanya bisa kita gunakan melalui Orari ini,” ujarnya

Lebih jauh dikatakan kepala Balmon ini, pihaknya telah berkordinasi dengan Pemerintah Kabupaten PALI untuk  gelaran kegiatan sosialisasi maupun Unar.

Sekda  PALI mendukung sepenuhnya kegiatan kami ini dan merasa bangga bahwa Balmon melaksanakan kegiatan  ini. Nanti di tanggal 11 November 2021 kita lakukan sosialisasi dengan mengundang seluruh jajaran instansi dilingkup Pemkab Pali sedangkan Unar dilaksanakan Pada 13 November 2021," pungkasnya.(SH)

No comments

Powered by Blogger.