HUT Muratara Ke-8,Gubernur Sumsel Beri Hadiah Pembagunan Pasar Induk Rp 55 Milyar


MUARATARA,BERITA-ONE.COM- Pemerintah Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) mendapat kucuran dana bantuan Rp 55 Miliar, saat hari ulang tahun (HUT) ke 8 tahun. Dana yang menjadi kado istimewa dari gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H.Herman Deru itu untuk pembagunan Pasar Induk.

Gubernur H.Herman Deru saat sambutan Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Muratara dalam rangka peringatan hari jadi ke-8 Kabupaten Muratara yang digelar di Kantor DPRD, Selasa (29/6/2021) mengungkapkan,Guna mempercepat pembangunan Muratara disegala sektor Gubernur Herman Deru memberikan kado istimewa berupa dana senilai Rp 55 milyar.

“Saya tau daerah ini sebagai kabupaten pemekaran maka tujuan utama bagaimana menyamakan persepsi membangun daerah ini menjadi daerah otonomi baru agar lebih cepat kemajuannya melalui akselarasi pemekaran, ” ungkap Herman Deru.

Menurut Herman Deru, meski sebagai kabupaten termuda di Sumsel, Muratara terus melakukan pembangunan disegala sektor agar tidak tertinggal dari Kabupaten/kota lainnya yang lebih dahulu maju.


“Dibawah kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati, saya harapkan pembangunan Muratara akan menggunakan kekuatan masyarakat dalam hal ini diwakili oleh DPRD. Meski APBD saat ini direcofusing namun setidaknya sudah mampu mejawab harapan masyarakat,” kata dia.

Herman Deru menyebut pembangunan yang digalakan harus terus berjalan meski dilakukan secara bertahap. Mengingat tuntutan masyarakat akan pelayanan dan akses infrastruktur yang baik adalah menjadi kebutuhan utama dalam kelancaran mobiliasi arus tranportasi dan lalulintas ekonomi masyarakat.

“Keinginan masyarakat tidak hanya jembatan, jalan, gedung tapi juga pembangunan mental dan spritual (bidang agama), kita lihat daerah ini sangat religi maka harus di akomodir,” ucap dia.

Dia juga berharap, dengan adanya

Potensi SDA yang dimiliki Muratara yang berlimpah dapat dikelola dan dimanfaatkan secara baik.maka dari itu harus ada potensi unggulan yang menjadi icon Muratara yang dapat dipasarkan ke luar daerah.

“Kalau minyak dan gas itu hanya bonus, tapi saya minta manfaatkan potensi yang ada ini seperti di bidang pertanian, perkebunan dan perikanan,” ungkap dia.

Herman Deru menyebut berdasarkan data BPS, Muratara sejauh ini tingkat kesejahteraan masyarakatnya belum sama dengan daerah yang lain. Hal ini menurutnya disebabkan bukan dari penghasilan atau dikatagorikan miskin.

Akan tetapi karena faktor mahalnya biaya hidup salah satu penyebabnya karena belum adanya pasar induk yang menjadi pusat ekonomi masyarakat.


“Infrastruktur sudah baik dalam mempermurah biaya hidup, tapi disini belum memiliki pasar induk maka itu saya akan bantu bangun pasar induknya, asalkan tempat strategis,” terangnya.

Mengakhiri arahannya Gubernur mengajak Pemda Muaratara untuk terus melestarikan kearifan lokal.

“Kita boleh menjadi manusia modern tapi jangan pernah modernkan budaya kita. Kita jangan pernah malu dengan apa yang sudah kita miliki, kita juga tidak boleh meninggalkan kearifan lokal yang diwariskan oleh nenek moyang kita,” tandasnya.

Sementara itu Wakil Bupati Muratara H Innayatullah menyampaikan, dengan memasuki usia ke 8 tahun, Kabupaten Muratara akan segera bergerak cepat membangun Muratara untuk mengejar ketertinggalan dari daerah lainnya.

“Hari ulang tahun Kabupaten Muratara. Kita jadikan momentum untuk segera bergerak cepat untuk mengejar ketertinggalan dari kabupaten dan kota yang ada di Sumsel. Saya optimis, kita bisa maju jika ada sinergitas yang baik dari semua pihak,”Ungkap dia.

Dikatakannya, Kabupaten Muratara merupakan kabupaten yang memiliki potensi yang besar. Baik dari sumber daya alam, sumber daya manusia serta letak yang strategis. Sehingga dengan adanya kepemimpinan yang kuat dan baik, akan bisa membawa Muratara semakin maju.

“Kita memiliki sangat banyak potensi yang bisa kita kelola bersama. Saat ini kita akan berfokus untuk membangun infrastruktur jalan di kawasan potensial ekonomi, agar bisa meningkatkan perekonomian masyarakat,”kata dia.

Ditempat yang sama Ketua DPRD Muratara Efriyansyah juga mengatakan tepat hari ini Kabupaten Muratara berusia ke 8.

“Usia 8 Tahun bukanlah waktu singkat, Kabupaten Muratara telah banyak mengalami pasang surut dan tentu banyak dinamika yang ditemui dalam rentang waktu 8 tahun tersebut, maka kedepan mari kita jaga Muratara ini agar tetap aman dan damai,” ungkap Efriyansyah.

Selain itu, telah banyak yang dilakukan untuk menjadikan Kabupaten Muratara ini lebih maju dan lebih sejahtera.

“Para korban pemekaran Kabupaten Muratara, tak akan perna terlupakan atas nama pimpinan DPRD dan Pemkab Muratara mengucapkan terima kasih kepada semua pihak telah menjaga Muratara ini dengan baik.

Ayo kita jadikan momentum HUT Muratara Ke-8 tahun untuk terus menamankan rasa persatuan dan kesatuan serta rasa memiliki

Kita harapkan kedepan masyarakat Muratara lebih maju dan lebih sejahtera,” ujar Efriyansyah.(Edi Suhendra). 

No comments

Powered by Blogger.