Gedung Utama Kejagung Yang Baru Mulai Dibangun.


Jakarta,BERITA-ONE.COM-Jaksa Agung DR Burhanuddin SH.MH. mengharapkan pembangunan Gedung Utama Kejaksaan Agung ( Kejagung) dengan anggaran biaya Rp 540 milyar lebih itu  akan  selesai pembangunannya 31 Desember 2022 mendatang.

" Pembangunan gedung utama Kejagung ini diharapkan agar bisa menjadi  landmark dari wajah penegakan hukum di Indonesia dan bisa menggambarkan makna TripAdvisor Karma Adhyaksa, kata Jaksa Agung dalam acara Groundbreaking/ dimulainya pembangunan gedung tersebut.

Pada acara dimulainya pekerjaan proyek 22 lantai ini nantinya akan  Terintegrasi Rancang Bangun Gedung Kejagung ini  dihadiri Wakil Jaksa Agung Setia Untung Arimuladi SH.MH dan lainnya ini antara lain Kontraktor Pelaksana,  Dirut PT. Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk. (PT.PP) Noval Arsyad dan jajaran Direksi serta   Dirut PT. Virama Karya (Persero) Jusarwanto selaku Kontraktor Manajemen Konstruksi (MK).

Jaksa Agung mengingatkan,  peletakan batu pertama merupakan langkah awal, yang akan menentukan kokoh tidaknya bangunan ini kelak. Dan peristiwa kelam 20 Agustus 2020 itu tidak menyurutkan semangat  dalam melaksanakan tugas, karena  terbukti pelayanan tidak terhenti,
semua tetap berjalan. Bahkan ditengah keterbatasan tersebut berbagai prestasi berhasil kita raih, tambah Jaksa Agung.

Gedung yang akan dibangun ini akan dilaksanakan pada lahan gedung eks. kebakaran diatas tanah seluas 10.571 M2 dan Luas Bangunan 43.669 M2.

Arsitektur bangunan mengandung nilai-nilai filosofis. Dimana terdapat 3 sayap terintegrasi dalam satu kesatuan bangunan yang menggambarkan makna Tri Krama Adhyaksa, dan bangunan yang  terdiri dari 22 lantai, menggambarkan tanggal lahir Kejaksaan.

Dijelaskan ,  Sayap Timur gedung  terdiri  7 lantai menggambarkan bulan kelahiran Kejaksaan. Dan
sayap Utara terdiri  11 lantai merupakan pengejawantahan dari 11 pasang bulir untaian padi yang ada pada lambang Kejaksaan,  bermakna kesejahteraan, karena kiprah Kejaksaan merupakan cerminan penegakan hukum di mata masyarakat Indonesia maupun dunia internasional.

Kantor baru ini nantinya  diharapkan dapat menjadi momentum untuk semakin meningkatkan peranan Kejaksaan dalam menjamin kualitas dan profesionalitas penegakan hukum yang berkeadilan. ”

"Cepatnya reaksi pemerintah dalam menganggarkan pembangunan Gedung Utama Kejagung ditengah pandemi Covid-19, wujud kepercayaan dari Pemerintah kepada Kejaksaan dalam pelaksanaan penegakan hukum di Indonesia," katanya. (SUR)

Teks foto: Jaksa Agung dan Wakil Jaksa Agung saat resmikan dimulainya pembangunan gedung Utama Kejagung.

No comments

Powered by Blogger.