Dinas Perikanan Muba Beri Bantuan UMKM Sektor Perikanan


SEKAYU,BERITA-ONE.COM-Dampak pandemi Covid-19 yang membuat sejumlah sektor perekonomian menjadi lemah sangat dirasakan oleh sejumlah pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba). Seperti salah satu UMKM yang bergerak dalam pengolahaan ikan yang terkena dampak pandemi Covid-19.

Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Muba melalui Dinas Perikanan memberikan bantuan terhadap kelompok nelayan di beberapa desa pada dua kecamatan di Muba dalam meningkatkan perekonomian pada masa pandemi. 

Kepala Dinas Perikanan Bapak Hendra Tris Tomy mengatakan, bantuan ini merupakan upaya dalam menanggulangi dampak pandemi yang turut dirasakan UMKM di sektor perikanan. Pelaku UMKM  di Kabupaten Muba sangat terasa dampak pandemi dengan menurunnya daya beli.

Ya, ini merupakan instruksi Bupati Muba Dodi Reza dalam memperhatikan UMKM yang ada di Kabupaten Muba. Oleh karena itu, kita bertanggung jawab terhadap UMKM dengan mempercepat bantuan. Termasuk menambah penghasilan kelompak perikanan yang ada di dua desa tersebut," ujar Tomi,  Rabu (30/6/21).

Adapun bantuan yang diberikan yakni Chest Freezer, Cool Box, keranjang ikan, dan Hand sealer. Bantuan tersebut diberikan terhadap kelompok nelayan di Desa Epil di Kecamatan Lais lalu Desa Terusan dan Desa Ngulak Kecamatan Sanga Desa kabupaten Muba.

Satu kelompak terdiri atas 10 orang, dan ada 6 kelompok di dua kecamatan. Jadi, setiap orang itu mendapatkan bantuan. Kita berharap semua fasilitas tersebut dapat menunjang aktivitas masyarakat dan nelayan yang saat ini terus beraktivitas dalam kelompok dan pengelola hasil perikanan,”jelasnya.

Bantuan yang diberikan ini sudah sangat tepat terhadap pelaku UMKM di Kabupaten Muba. Selain itu, pihaknya juga melakukan sosialiasi izin Produk Industri Rumah Tangga (PIRT) dan akan dikumpulkan dan diteruskan ke Dinas Kesehatan Muba.

"Prosesnya tidak ada biaya. Ini salah satu syarat dari dinkes, agar hasil dari nelayan benar-benar terjamin dan layak untuk dikonsumsi,"tutupnya. 

Sementara itu, Sudarmansah salah satu penerima manfaat dari Pemerintah Kabupaten Muba mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan. Menurutnya bantuan yang diberikan sangat bermanfaat sekali dalam menyimpan ikan, karena sebelum menerima bantuan ia memang membutuhkan mesin pembeku.

Memang saya mau beli mesin Cool Box pak tapi harganya mahal mana saat pandemi penjualan sepi, Alhamdulillah adanya bantun Dinas Perikanan Muba dapat sedikit meringankan beban kami selaku pelaku UMKM kecil,”tandasnya. (RM)

No comments

Powered by Blogger.