Mantan Gubernur Sumsel Alex Nurdin Diperiksa Dalam Dua Kasus Korupsi.


Jakarta,BERITA-ONE.COM-Penyidik Tindak Pidana Khusus (Pitsus) Kejaksaan Agung memeriksa mantan Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Alex Noerdin dalam dua perkara korupsi sekaligus.

Menurut Direktur Penyidik  (Dirdik)  DR Febrile Adriansyah SH.MH mengatakan,  Alex Nurdin diperiksa dalam kasus  PD PDF dan Masjid Swiwijaya Sumsel, Selasa9( 4 /5/ 2021).

Seperti diketahui, Alex Noerdin pernah diperiksa Kejagung  dalam kasus
PD. PDE dimana peran terperiksa sangat signifikan, sehingga  negara dirugikan  hingga ratusan miliar. Dan Alex Nurdin yang pada  tahun  2008 -2018 sebagai Gubernur Sumsel

Sedangkan dalam kaitannya  pembangunan masjid Swiwijaya  kedudukan Alex adalah sebagai Wakil Ketua Dewan Pembina Yayasan Masjid Sriwijaya. Sementara Ketua Yayasan Jimly Asshiddiqie yang juga Ketua ICMI.

Pada waktu itu kasus pembangunan masjid  ini ditangani Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumsel. Karena kesibukan sebagai Anggota DPR, maka pemeriksaan dilakukan,  di Kejaksaan Agung.

Kejati  Sumsel telah menetapkan 4 tersangka,terdiri Eks. Ketua Pembangunan Masjid Sriwijaya EH,  KSO (Kerjasama Operasi)  PT. Brantas Abipraya Ir. DK, Kadiv Pelaksanaan Lelang Sya dan Kuasa KSO Abipraya-PT. Yodya Karya Yud.

Pembangunan Masjid diatas tanah  areal seluas 9 hektar dibangun 2009  dan  dan bersumber dari APBD Sumsel 2015- 2017 sebesar Rp130 miliar.
Biaya pembangunan masjidnya sebesar Rp 668 miliar, namun pembangunannya baru pondasi dan terbengkalai sampai sekarang. (SUR).

 

No comments

Powered by Blogger.