KPK Tetapkan Mantan Direktur Dirjen Pajak Jadi Tersangka.

Teks foto : Katua KPK Firli Buhari saat menetapkan Angin Priyitno Aji jadi tersangka.

Jakarta,BERITA-ONE.COM-Mantan Direktur Pemeriksaan dan Penagihan Dirjen Pajak Angin Prayitno Aji oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ditetapkan sebagai tersangka penerima gratifikasi, Selasa (4 /5/ 2021).

Setelah dilakukan pemeriksaan mulai beberapa bulan lalu Angin ditetapkan sebagai  tersangka terkait dugaan tindak pidana korupsi penerimaan hadiah atau janji terkait dengan pemeriksaan perpajakan tahun 2016 dan 2017 pada Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu), kata  Ketua KPK Firli Bahuri dalam jumpa pers di Gedung KPK.

Dijelaskan oleh ketua lembaga anti rasuah  Firli,   penyelidikan kasus ini sudah dimulai sejak bulan Februari 2021 lalu.

Dengan perbuatannya tersangka disebut  melanggar Pasal 12 huruf a atau huruf b atau pasal 11 dan Pasal 12B UU No. 31 Tahun 1999 UU Nomor 20 sebagaimana yang telah diubah dan ditambah UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani kala itu  bertindak cepat dengan mengadakan jumpa pers terkait adanya dugaan kasus korupsi pajak tersebut. Saat  jumpa pers itu dilakukan ( 3/3 2021) lalu , Angin sudah mengundurkan diri, sehingga memudahkan pemeriksaan.

Keesokan harinya  KPK mengirimkan surat kepada Ditjen Imigrasi untuk melakukan pelarangan ke luar negeri terhadap 2 orang ASN Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan dan 4 orang lainnya. Salah satunya adalah Angin Prayitno Aji. (SUR).

T

No comments

Powered by Blogger.