Usai Musrenbang, Pemilihan BPD Talang Ubi Segera Dilaksanakan


PALI,BERITA-ONE.COM - Pemilihan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam wilayah Kecamatan Talang Ubi, kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) akan dilaksanakan setelah selesai musrenbang yang jatuh pada tanggal 15 Februari nanti.

Pelaksanaan pemilihan BPD di wilayah Kecamatan Talang Ubi ada dua desa yang mana masa jabatannya sudah habis, yakni Desa Sinar Dewa dan Desa Simpang Tais dan dua desa tersebut sudah membentuk panitia pemilihan, bahkan desa simpang tais sudah menentukan nomor bagi calon BPD," ujar Camat Kecamatan Talang Ubi, Hardin saat di jumpai Media ini, Kamis (4/2/2021).

Dijelaskan Camat. Untuk pemilihan BPD, jika sebelumnya sistem pemilihan BPD yang dipakai adalah sistem pemilihan langsung oleh masyarakat, namun berbeda pada tahun ini mengingat di masa Pandemi Covid-19 yang terjadi pada saat ini, maka berkemungkinan pemilihan BPD dilakukan secara musyawarah mufakat.

Hal ini dilakukan untuk mematuhi protokol kesehatan, apa lagi PALI saat ini ber status Zona Orange, jadi sistem pemilihan BPD yang dilakukan nanti mengacu kepada surat edaran Mendagri  No. 440/60/SJ. Tgl 5 Januari 2021. Tentang Mekanisme pemilihan BPD,  dan Peraturan Daerah Nomor. 04 tahun 2019, yang Tertuang dalam Pasal (10) Ayat 2, disana dijelaskan bahwa (Dalam hal mekanisme pengisian keanggotaan BPD, pemilihan dilakukan melalui musyawarah perwakilan sebagai mana yang dimaksud dalam pasal (4) ayat 1, calon anggota BPD dipilih dalam proses musyawarah oleh unsur wakil masyarakat yang mempunyai hak pilih," jelasnya. 

Lanjut Camat menjelaskan untuk pemilihan nanti, yakni. unsur wakil masyarakat paling banyak berjumlah 40 orang. masing-masing desa, yang terdiri atas. Unsur wakil masyarakat keterwakilan perempuan, yakni perempuan dari setiap dusun maksimal 10 orang per desa, untuk memilih calon anggota BPD keterwakilan perempuan dan Unsur wakil masyarakat keterwakilan dusun maksimal 30 orang per desa, yang nantinya akan memilih calon anggota BPD keterwakilan dusun.

 Aturan - aturan sudah kita serahkan ke masing - masing desa, dan di pastikan pemilihan BPD Kecamatan Talang Ubi dilaksanakan di bulan februari ini. Untuk masyarakat pada hari pemilihan tetap menjalankan protokol kesehatan dan mentaati protokol kesehatan sesuai aturan pemerintah," pesannya.

Camat juga berpesan bagi semua calon anggota BPD yang nantinya terpilih sebagai anggota BPD harus benar-benar menjadi mitra masyarakat yang menyerap aspirasi semua golongan masyarakat, bukan cuma itu. anggota BPD juga harus siap menjadi mitra pemerintah desa dalam meningkatkan pembangunan dan untuk kesejahteraan Masyarakat desa.

Selain itu, Hardin juga berpesan kepada para calon anggota BPD harus siap menang dan juga kalah dan tetap menjaga ketertiban dan keamanan serta persatuan didesa agar tidak terjadi sesuatu hal yang membuat perpecahan,pintaknya.(SH)

No comments

Powered by Blogger.