Pemkab Muba Dorong Kemandirian BLUD


SEKAYU,BERITA-ONE.COM - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin melalui Bagian Perekonomian Sekretariat Daerah Kabupaten Muba menggelar pembinaan kepada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sekayu, Bayung Lencir, dan RSUD Sungai Lilin yang telah melakukan tata kelola Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), di Ruang Rapat Randik Setda Muba, Kamis (4/2/2021).

Kepala Bagian Perekonomian Setda Muba, Aswin mengatakan pembinaan  dilakukan sebagai upaya mendorong kemandirian BLUD dalam pengelolaan keuangan, sehingga kedepannya diharapkan tidak lagi membebani APBD.

"Sebelumnya kita juga sudah melakukan pembinaan terhadap BUMD. Saat ini dalam proses menuju layanan BLUD ada 28 puskesmas dalam Kabupaten Muba," tutur Aswin.

Sementara Bupati Musi Banyuasin Dr H Dodi Reza Alex Noerdin melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Muba Drs H Apriyadi MSi yang membuka kegiatan tersebut mengapresiasi pembinaan ini untuk meningkatkan kualitas SDM yang ada di BLUD yang  humanis dan profesional.

"Tujuan kita adalah untuk memberikan hak otonomi kepada RSUD, dengan mencari sumber pendapatan sendiri tapi tetap mengedepankan layanan kepada masyarakat. Dengan memberikan kepercayaan penuh kepada BLUD untuk menjalankan roda otonom ini juga agar mempermudah proses administrasi," ujarnya.

Untuk itu Sekda Muba menghimbau supaya RSUD berinovasi untuk meningkatkan pendapatan dan meningkatkan layanan.

"Fungsi kami pemerintah sebagai pembina memastikan bahwa apa yang kalian lakukan itu ada pada tracknya, makanya kami membentuk tim, untuk mengevaluasi dan supervisi, karena tidak semua yang di RSUD mengerti soal keuangan," tandas Sekda.

Kegiatan ini turut dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Muba dr Azmi Dariusmansyah MARS, Direktur RSUD Sekayu, Bayung Lencir dan RSUD Sungai Lilin, serta peserta pembinaan dari unsur BLUD dari tiga RSUD tersebut. (RM)

No comments

Powered by Blogger.