Header Ads

Pemkab Muba Realisasikan Wifi Gratis


Muba,BERITA-ONE.COM- Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) secara bertahap mulai memfasilitasi internet gratis berupa Wi-Fi di sejumlah area publik di Sekayu.

Pemasangan Wi-Fi ini dilakukan untuk memudahkan masyarakat mengakses internet secara gratis di tempat-tempat yang akan disebar titik pemasangannya.

Bupati Muba Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA mengatakan,
sebagai salah satu kota yang perkembangannya sangat pesat, Kota Sekayu merupakan wilayah yang sangat strategis dalam pengembangan jaringan teknologi informasi.

"Manfaat Wi-Fi gratis ini akan di rasakan oleh masyarakat dari berbagai kalangan, terlebih saat ini kita masih dihadapkan pada masa Pandemi COVID-19, tentu keberadaan Wi-Fi dapat menunjang secara maksimal pembelajaran peserta didik yang saat ini menggunakan sistem online," terangnya.

Dikatakan Dodi, program gerakan WiFi gratis ini dilaksanakan dan ditempatkan pada beberapa public area yang ada di Kota Sekayu, antara lain Lapangan Gelanggang Remaja, Taman Agro Bisnis Sekayu, Sekayu Water Front, Taman depan Rumah Bupati, Wisma Atlet dan akan  segera menyusul pada lokasi lokasi pasar atau terminal Sekayu, Mesjid Jami’ An-Nur, Gedung Rumah Pintar, Stadion Ranggonang serta Taman Permata Sekayu

"Titik-titik ini untuk tahap pertama, kita juga akan menyisir daerah pelosok untuk pemasangan WiFi  gratis nantinya," bebernya. WiFi gratis ini ditujukan kepada masyarakat sekitar dalam menunjang pelayanan publik demi terwujudnya Smart Regency.

Menurutnya, selama ini dirinya juga mendapatkan keluhan dari orang tua siswa yang menerapkan sistem belajar daring karena harus menyiapkan budget yang ekstra untuk pembelian kuota internet guna mengikuti sistem belajar online.

"Nah, dengan keberadaan Wi-Fi gratis yang disiapkan Dinkominfo Muba ini, siswa dan orangtua tidak perlu lagi repot-repot beli kuota. Cukup datang ke sejumlah titik-titik WiFi gratis tersebut sudah bisa menikmati internet gratis," dilokasi yang elah kita siapkan di ruang publik yang rame dikunjungi warga kota sekayu dan sekitarnya tuturnya

Dodi mengingatkan, agar warga dan anak-anak saat memanfaatkan fasilitas WiFi gratis di sejumlah titik yang disiapkan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dan memakai masker.

"Jangan berkerumun, pakai makser dan pastikan kondisi tubuh dalam keadaan sehat," tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Muba Herryandi Sinulingga AP mengatakan, pesatnya perkembangan TIK yang berlangsung selama beberapa dekade terakhir ini, telah membuat kebutuhan masyarakat terhadap informasi menjadi semakin meningkat.

Dia juga menambahkan gerakan program wifi gratis bagi masyarakat untuk memberikan kemudahan dalam mengakses informasi bagi warga.

"Selain itu, wifi gratis ini juga ditujukan bagi siswa siswi yang belajar menggunakan metode Daring (Online) yang dapat mengurangi penggunaan quota mereka," jelas Lingga.

“Diharapkan dengan wifi gratis ini, masyarakat terutama siswa siswi yang belajar menggunakan metode Daring dapat memanfaatkan sesuai dengan peruntukannya masing-masing. Dan diharapkan pula dengan program ini dapat mengurangi pengeluaran tambahan quota bagi anak-anaknya yang belajar menggunakan metode daring ini. Dengan demikian masyarakat dapat merasakan hadirnya layanan wifi gratis dari pemerintah Kabupaten Muba,” dan di area publik tetap jalankan protokol kesehatan jaga jarak pake masker dan sering cuci tangan ujarnya.

Lanjutnya, secara teknis Dinkominfo Kabupaten Muba akan memfasilitasi dan mensupport penginstalan perangkat-perangkat pendukung.

"Untuk mendapatkan akses Wi-Fi gratis ini yaitu dengan cara masuk ke menu Wifi Gratis pada masing-masing lokasi titik Wifi ini. Selanjutnya calon pemakai dapat mengisi quisioner yang telah disiapkan," terangnya.

Ia menambahkan, selanjutnya masyarakat dapat menggunakan akses internet tersebut dengan kecepatan 5 Mbps masing-masing pemakai. "Wifi Publik ini sebagaimana arahan bapak bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin Dan  sesuai dengan visi misi Pemerintah Kabupaten Muba," imbuhnya.

"Program gerakan Wi-Fi gratis ini diharapkan menjadi Trend Mark bagi masyarakat di Kota Randik Sekayu dengan mengedepankan internet cerdas, sehat dan positif  terbebas dari konten-konten negatif yang dapat merusak moral generasi muda, dalam hal ini kewajiban Dinkominfo Muba selalu melakukan pengawasan dan monitoring terhadap penyedia dan pengguna akses internet gratis ini," tandasnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Muba Richard Chahyadi AP MSi mengatakan, sesuai arahan Bupati Musi Banyuasin agar fasilitas yang dipunyai pemerintah desa dalam aplikasi Siskeudes bisa juga dinikmati masyarakat pada masa sekarang terutama dalam mendukung belajar jarak jauh dimasa Covid-19 ini.

"Alhamdulillah hampir seluruh desa dalam kabupaten Musi banyuasin telah melakukan peningkatan bandwitch pengunaan yang bisa dinikmati masyarakat banyak untuk proses belajar mengajar disekitar radius 100 meter dari kantor desa bahkan masyarakat diperkenankan juga oleh pemerintah desa untuk belajar dibalai desa dan kantor," urainya.

Dikatakannya, di setiap desa berlomba lomba membuat pengumuman sehingga  masyarakat dapat mengetahuinya dan keberadaan internet gratis di Muba nantinya akan tersebar ke 227 Desa.

"Ini tidak lain berkat arahan pak Bupati kita Dodi Reza Alex sehingga masyarakat bisa merasakan salah satu hasil gebrakan beliau dalam membangun kabupaten Musi Banyuasin dan Insya Allah ini akan semakin kita perluas di tahun tahun yang akan datang,” pungkasnya.

Kades Panai Hairullarianto mengungkapkan, bahwa pemasangan jaringan Internet ini (Wi-Fi Gratis) memakai Dana ADD kabupaten Muba yang di anggarkan melalui APBD Desa, sebagai keperdulian desa dalam menyikapi bagi siswa-siswi yang kesulitan kuota internet.

“Terimahkasih pada bapak Bupati Muba H Dodi Reza Alex Noerdin yang telah memprogramkan kegiatan jaringan Internet Desa baik untuk Aplikasi keuangan dan aplikasi yang di gunakan untuk masyarakat desa terutama untuk pelajar," imbuhnya.

"Semoga Jaringan Internet Desa Panai dapat Bermanfaat dalam membantu Generasi Penerus Bangsa untuk belajar di Rumah guna untuk mencegah dan memutuskan penularan Virus Covid – 19," tambahnya.(RM)

No comments

Powered by Blogger.