Header Ads

Inovasi Satlantas Polres Muba Persiapkan New Normal


Muba,BERITA-ONE.COM-Dalam rangka mempersiapkan tatananan kehidupan baru atau new normal untuk  pencegahan mewabahnya penularan virus corona covid 19, Polres Muba melalui Satlantas polres Muba di bantu Denpom Muba lakukan Sosialisasi Traffic Linght jaga jarak antar kendaraaan dan Sosialisasi Covid 19 di Lampu merah depan rumah dinas Bupati jalan kolonel Wahid Udin Sekayu Rabu ( 15/07/20)

Terlihat dilapangan petugas Satlantas dan Denpom Muba sibuk mengatur alur tempat kendaraan roda dua yang sudah di beri tanda dan jarak serta mensosialisasikan agar pengendara kendaraan tetap memakai masker.

Kasat Lantas Polres Muba Akp Candra Kirana SH.Sik.MSi saat konfirmasi mengatakan
Mempersiapkan tatanan kehidupan baru atau new normal, guna memutus rantai penyebaran Covid-19.

Beberapa cara di antaranya bahkan, terbilang cukup unik.
Contohnya penerapan physical distancing pada traffic light di Kota Sekayu, Kabuoaten Muba Sumsel Di mana satuan lalu lintas polres muba bekerja sama dengan Dinas Perhubungan dan dinas PUPR kab muba bersama membuat innovasi dan memodifikasi ruang henti kendaraan roda dua yang berada di perempatan Pendopo bupati kabupaten muba.

Dijelaskan Kasat lantas muba akp candra kirana sik msi,  marka jalan ini dilakukan untuk menghidari adanya pengendara yang berkerumun di ruang pemberhentian sepeda motor, terlebih saat lampu merah.

"Ini inovasi dalam rangka physical distancing di kawasan lalu lintas dan transportasi. Biar para pengendara motor ini ada jarak antara satu pengendara dengan pengendara lain ( kadishub ),

Marka garis henti untuk sepeda motor ini terlihat mirip dengan starting grid yang ada di lintasan balap MotoGP. Di mana pihak Lalu lintas dan Dishub membuat area khusus dengan jarak antar pengendara sekitar 1,5 meter.

"Ini masih uji coba. Tujuannya adalah mengedukasi dan mengingatkan masyarakat di masa pandemi covid-19 ini untuk selalu menerapkan protokol kesehatan di mana pun berada, tidak terkecuali di jalan raya khususnya di area traffic light saat lampu merah," Jelasnya.

Ditambahkannya, penerapan physical distancing di traffic light ini merupakan salah satu bagian dari konsep "Manajemen Transportasi Menuju Budaya Keteraturan dan Kebiasaan Baru Muba maju berjaya

“Ini bagian dari penerapan new normal yang dikemas kreatif. Idenya dari Polres muba dan kami pikir tidak ada salahnya juga dicoba. Sekarang masih sosialisasi jadi kami juga turut mendukung,” kata Kasatlantas Polres Muba , AKP Candra kirana sik msi
Diharapkan dari penerapan sistem ini dapat menggugah kesadaran masyarakat agar bisa tertib berkendara di tengah pandemi dan tetap menjaga jarak. "Dan saat berlalu lintas juga menggunakan masker demi membantu percepatan penanganan virus corona di kabupaten muba," Bebernya.(RM)

No comments

Powered by Blogger.