Header Ads

DPRD Kabupaten PALI Gelar Rapat Paripurna Ke - VIII Bahas LKPJ Bupati Tahun 2019


PALI,BERITA-ONE.COM - Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) gelar Rapat Paripurna ke - VIII dengan agenda pembahasan Laporan Keterangan Pertanggung jawaban (LKPJ) Bupati PALI tahun anggaran 2019, dan penyampaian nota pengantar bupati PALI terhadap LKPJ tahun anggaran 2019, yang di selenggarakan di Aula ruang rapat Kantor DPRD Kabupaten PALI, Senin (16/3/2020).

Dalam Rapat paripurna ke-VIII pimpin oleh Ketua DPRD PALI H. Asri Ag yang didampingi oleh wakil ketua I Irwan ST, hadir Eksekutif Bupati PALI. Ir H Heri Amalindo MM, 21 orang anggota dewan yang hadir dari 25 anggota dewan yang ada, Sehingga memenuhi syarat dan dipersetujui.


Dengan demikian rapat paripurna ke delapan pembahasan LKPJ Bupati tahun 2019 kami buka dan di buka untuk umum "ujar Asri ag

Dijelaskan Bupati PALI, Ir H Heri Amalindo MM. menerangkan LKPJ tahun 2019 ini disusun berdasarkan RPJMD tahun 2019-2021, Dalam laporannya Bupati menyampaikan kinerja mikro Pemerintah Daerah Tahun 2019 dengan mengacu pada Data Badan Pusat Statistik (DBPS).

Pertumbuhan ekonomi di Kabupaten PALI sebesar 6,16% diatas laju pertumbuhan ekonomi Provinsi Sumatera Selatan sebesar 5,71%. Atas capaian itu pula, PALI bertengger diposisi kedua menjadi kabupaten dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi di Provinsi Sumatera Selatan.


Disamping itu, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) mencapai 64,33 poin, meningkat sebesar 0,84 poin dibandingkan tahun 2018. Ini menjadi kabupaten tertinggi capaian IPM di Sumsel," jelas Bupati.

Penurunan angka kemiskinan kedua di Sumsel setelah yang pertama Kabupaten Muara Enim serta juga angka penganguran masi di bawah Sumsel.

“Angka kemiskinan 13,47% turun sebesar 0,34% dari tahun 2018 dan merupakan kabupaten dengan penurunan tertinggi kedua di Provinsi Sumsel, angka penganguran 4,06%, angka ini meningkat dari tahun sebelumnya dimana angka penganguran pada tahun 2018 sebesar 3,79% akan tetapi angka penganguran pada tahun 2019 masih dibawa Provinsi Sumsel 4,48%” urai bupati.


Untuk meningkatkan tata kelola Pemerintahan, Bupati juga menyatakan bahwa Pemkab PALI telah menggunakan Manajemen berbasis Elektronik.

"Antara lain penerapan e-purchasing dalam rangka pengadaan barang dan jasa. Ada juga e-planning dalam proses perencanaan dan e-budgeting dalam proses penganggaran," paparnya.

Ditempat yang sama Bupati juga menambahkan Kabupaten PALI baru menginjak usia 7 tahun  tetapi laju pertumbuhannya berjalan dengan pesat.


Walaupun kabupaten kita baru seumur jagung sudah berhasil menurunkan  angka kemiskinan, dan pertumbuhan ekonomi melaju di atas Provinsi Sumsel, tentunya ini bukan oleh seorang Bupati, tapi berkat dorongan dari instansi-instansi terkait untuk perkembangan daerah yang maju, ”pungkasnya.

Atas prestasi kinerja Pemkab PALI  ketua DPRD PALI, H Asri AG juga selaku Pimpinan dalam rapat paripurna tersebut menyampaikan aspirasinya.

"Tentu dengan capaian itu, kinerja pemerintah menujukan kemajuan. Dan kami berharap kedepan semakin ditingkatkan," Tungkas H Asri AG. (ADV DPRD/SH)

No comments

Powered by Blogger.