Header Ads

Ditengah Dampak Wabah Virus Covid-19, Ini Suka Cita Masyarakat Kecamatan Lalan Panen Padi


Muba,BERITA-ONE.COM - Ditengah wabah Virus Corona (Covid-19), Masyarakat kecamatan Lalan kabupaten Musi Banyuasin kini memasuki masa panen Padi, Suka Cita Panen ini pun dimanfaatkan Masyarakat dengan saling bahu membahu.

Wabah Virus Corona (Covid-19) yang saat ini menjangkit dibeberapa daerah Se-Kabupaten Musi Banyuasin, tak menyulutkan semangat masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pangan melalui pemanfaatan garapan sawah padi tiga bulan.

Berdasarkan pantauan awak media ketika terjun kelokasi, terlihat puluhan masyarakat kecamatan Lalan menggarap Ratusan Hektar Sawah dengan ditanami jenis padi tiga bulan, memanfaatkan beberapa Alat Traktor Pinjaman Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura (TPHP) kabupaten Musi Banyuasin.

Menurut Kepala desa Karang Tirta (P11) Sarji saat disambangi awak media bersama Ormas OKP di kediamannya, Sarji mengungkapkan untuk desanya sendiri dalam masa Isolasi Wabah Virus Corona (Covid-19) warga telah melakukan panen disawahnya masing-masing, untuk sementara hasil yang mereka panen sebagian di salurkan kepada bakul dan sebagian untuk disimpan sebagai stok.

" Kita telah mendata sawah warga yang telah melaksanakan panen pada sebelumnya, untuk sementara cukup. Ada sebagian juga gabah dijual kepada Bakul (Penampung) dengan berbagai Variasi, ada juga sebagian warga menjadikan gabah hasil panennya untuk disimpan sebagai stok pangan tahunan," ujar Sarji.

Sementara itu ditempat terpisah Kepala Desa P6 Warsum mengatakan kepada awak media, dalam menghadapi dampak wabah Virus Corona (Covid-19). Kita harus melakukan berbagai macam cara salah satunya menyiapkan pangan, sosialisasi tata cara kebersihan diri, dan menjaga lingkungan agar tetap steril.

" Kami memang telah melakukan beragam agenda yang menyangkut wabah Virus Corona (Covid-19) salahs satunya penyemprotan Disinfektan secara mandiri, wajib memakai Masker, dan membeli APD secara Swadaya," ujar Warsum.

Lanjutnya, kehadiran Ormas OKP dan Insan Pers yang hadir untuk mensosialisasikan cara pencegahan Covid-19 ini pun sangatlah baik dan kami Apresiasi hal ini. Semoga Sinergitas ini dapat terjalin dengan baik kedepannya.

" Semoga Sinergitas antara Ormas OKP, Insan Pers bersama beberapa Kepala Desa di kecamatan Lalan dapat terjalin sesuai dengan yamg diharapkan, deaa kami pun selain melaksanakan Pencegahan Covid-19. Kami pun, telah melaksanakan panen padi untuk menjaga asa agar kebutuhan pangan didesa dapat tersalurkan dengan baik," tandasnya. (RM)

No comments

Powered by Blogger.