Header Ads

Ketua Muda Pengawasan MA : Hakim Yang Langgar Aturan Tidak Ada Toleransi, Akan Kami Tindak Tegas



Teks foto: Ketua Muda Pengawasan MA Dr H.Andi Samsan Nganro

Jakarta,BERITA-ONE.COM-Saya akan bersikap tegas jika ditemukan adanya hakim melanggar kode etik dan kehormatan serta  tidak akan ada toleransi bagi mereka, " kata Ketua Muda Pengawasan Mahkamah Agung (MA) Dr H. Andi Samsan Nganro  SH MH, kepada wartawan usai dilantik di gedung MA Jalan Medan Merdeka Barat Jakarta Pusat , Jumat 21 Februari 2020.

Menurut Andi Samsan Nganro , dirinya akan meningkatkan sistem pengawasan terhadap aparat peradilan, khususnya terhadap para hakim. Pengawasan itu akan dilakukan sesuai dengan aturan dan mekanisme yang selama ini sudah dianut oleh MA.

"Dalam hal ini saya akan tetap berpegang pada pedoman dan aturan yang sudah ada," ujar Juru Bicara MA ini tanpa merinci bentuk pengawasan yang akan dilakukannya.

Andi Samsan Nganro mengaku selama ini pihaknya tidak alergi terhadap pengawasan yang dilakukan oleh Komisi Yudisial (KY). Karena menurutnya, masing-masing lembaga memiliki aturan dan kewenangannya masing-masing. Selain itu, antara MA dan KY sudah memiliki aturan bersama guna menegakan kehormatan dan harkat martabat para hakim.

"Selama ini sudah ada mekanisme dan sistem yang sudah berjalan. Secara internal (MA) ada Bawas (Badan Pengawasan-red). Eksternal ada KY. Ditambah sudah ada aturan bersama antara MA dan KY," kata Andi Samsan yang juga menjabat sebagai Hakim Agung ini.

Mantan Ketua Humas  Pengadilan Neheri Jakarta Pusat ini juga akan melayani laporan yang masuk dan akan diproses sesuai aturan dan mekanisme yang berlaku. Meski diakui, pihaknya tak bisa sekaligus menindaklanjuti seluruh laporan tersebut.

"Lembaga peradilan itu banyak, dsn  tersebar hingga ke pelosok tanah air. Kita tidak bisa melaksanakan sekaligus, tapi secara bertahap," tegasnya. (SUR).



No comments

Powered by Blogger.