Header Ads

Heri Amalindo Kukuhkan Duta Pencegahan Stunting sekaligus Peringati HKN ke - 55 Tahun

Bupati  PALI H. Heri Amalindo  kukuhkan ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten PALI Hj. Sri Kustina menjadi duta pencegahan Stunting,
PALI,BERITA-ONE.COM - Bupati Kabupaten PALI H. Heri Amalindo  kukuhkan ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten PALI Hj. Sri Kustina menjadi duta pencegahan Stunting, sekaligus memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 tahun dan pencanangan Pemberian Obat Cacing pada anak SD dan Balita.

Prosesi pengukuhan dilakukan langsung oleh Bupati PALI H. Heri Amalindo yang digelar di halaman SD Negeri 4 Desa Babat Kecamatan Penukal, Sabtu (23/11/2019).


Bupati PALI H. Heri Amalindo mengapresiasi kinerja TP PKK PALI bersama pihak terkait yang selalu memberikan terobosan dan inovasi terhadap masyarakat kabupaten PALI.

Tentunya sesuatu yang luar biasa, karena berkat penghargaan baik provinsi maupun nasional diraih oleh TP PKK PALI. PKK PALI juga mampu merangkul semua pihak terkait untuk bisa bersama-sama mencegah Stunting dan mencanangkan pemberian obat cacing ke anak SD dan balita, ujar Heri Amalindo.

Selain itu, Lanjut Heri menyampaikan terhadap stunting kiranya tidak perlu khawatir, karena Stunting bisa dicegah.


Tidak perlu khawatir, kita berusaha terus untuk membawa kabupaten PALI bebas dari Stunting. Dengan cara memberi asupan gizi yang cukup, baik sejak proses kehamilan, hingga saat bayi itu lahir dan pertumbuhan balita, sehingga tumbuh kembang anak bisa normal. Pemkab PALI akan terus mendukung TP PKK untuk mensosialisasikan pencegahan Stunting hingga ke pelosok desa di kabupaten PALI, ucapnya

Di tempat yang sama, Sri Kustina menyampaikan, bahwa Kabupaten PALI sudah lewat ambang batas, artinya PALI posisi aman terhadap Stunting.


Tentunya hal itu disebabkan oleh seringnya kami, memberikan sosialisasi kepada masyarakat dalam mencegah Stunting dengan cara pola hidup yang sehat, serta makan makanan yang bergizi saat hamil dan maupun kepada balita," cetusnya.

Selain itu, untuk mencegah Stunting Sri Kustina mengajak seluruh pihak terkait untuk bersama-sama mensosialisasikan pencegahan Stunting di Bumi Serepat Serasan.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten PALI Muhammad Mudakir, S.Km MKes mengatakan bahwa untuk di kabupaten PALI kasus Stunting telah mengalami penurunan.

" Kasus Stunting terbagi menjadi dua kategori, anak di bawah usia dua tahun dimana di PALI terdapat 52 kasus Stunting dan balita dari usia 2 – 5 tahun yang berada di angka 112 kasus. Namun, proses penurunan angka Stunting tidak serta merta langsung menurun. Perlu proses, namun kami optimis kasus Stunting di kabupaten PALI akan berkurang dan PALI bisa bebas dari Stunting," jelas Mudakir.

Mudakir juga menambahkan, untuk tugas Duta cegah Stunting akan bertindak menjadi koordinator dari berbagai sektor untuk bersama mencegah Stunting di kabupaten PALI.

" Berdasarkan arahan dari Pak Gubernur, yang dinobatkan menjadi Duta Cegah Stunting yaitu ketua TP PKK, untuk di kabupaten PALI yaitu Hj. Sri Kustina. Tugas Duta Cegah Stunting diharapkan dapat memberikan contoh dan menjadi koordinator dari berbagai sektor di OPD yang berada di ruang lingkup Pemkab PALI, termasuk PKK PALI. Tujuan untuk mencegah Stunting di kabupaten PALI," tutupnya.(ADV-SH) 

No comments

Powered by Blogger.