Header Ads

Support Wakil Muba, Susi Imelda Hadiri Malam Grand Final Pemilihan Putra Putri Sriwijaya 2019

PALEMBANG,BERITA-ONE.COM- Setelah melewati proses seleksi dan karantina, akhirnya David Heydar dan Renanda Oktara yang merupakan wakil Kabupaten Muba berhasil meraih Wakil I pada Pemilihan Putra Putri Sriwijaya 2019, Sabtu (12/10/2019) malam di Hotel Harper Palembang.

Dalam kesempatan tersebut, David dan Renanda tampak sangat bangga dan bahagia, pasalnya Ketua TP PKK Muba Thia Yufada Dodi Reza diwakili Wakil Ketua TP PKK Muba Susi Imelda Beni Hernedi didampingi Asisten Bidang Administrasi Umum, Ibnu Saad dan Ketua DWP Muba Asna Aini Apriyadi hadir memberikan support secara langsung kepada keduanya.

David dan Renanda pun mengucapkan terima kasih atas dukungan yang maksimal diberikan warga Muba dan Pemkab Muba dibawah kepemimpinan Bupati Muba Dodi Reza dan Wakil Bupati Muba Beni Hernedi. "Selain itu, kami juga berterima kasih kepada Dispopar Muba yang tak henti-hentinya memberikan dukungan moril dan support yang sangat maksimal hingga kami sampai ke titik ini," tuturnya.

Tampil memukau, ribuan penonton malam Grand Final Pemilihan Putra Putri Sriwijaya 2019 terbius dengan penampilan keduanya yang menampilkan busana adat khas daerah Muba yakni busana Sedekah Lemang.

"Aksesoris yang dipakai untuk wanita, dibagian kepala terdapat Loyang berukir bersepuh emas dan bertata bebatuan yang dibagian puncaknya juga terdapat ornament keemasan selain fugsinya memang sebagai wadah atau tempat menaruh lemang. Menggunakan subang koin dua tingkat di leher, kalung anak ayam,pending di bangian pinggang, 2 gelang masing-masing dikiri kanan terdiri dari gelang sempuru dan kano serta cicin zamrud di jari manis dan selop tutup," ujar keduanya di sela Malam Grand Final Pemilihan Putra Putri Sriwijaya 2019.

Kemudian, aksesoris untuk pria, dibagian kepala berupa peci berwarna hijau yang dilapiskan plat emas yang sering disebut peci pesirah. Menggunakan jam bandul berkoin emas didada sebela kiri,badong di pinggang dan terselip keris penanda jati diri.

"Selain itu, dijari manis kanan dan kiri masing-masing terdapat cicin batu akik berwarna hijau bening dan memakai selop tutup sebagai adab sopan santun dalam menghadiri prosesi ritual adat," jelasnya.

Dikatakan, penampilan busana Sedekah Lemang dipilih karena ingin mengenalkan kekhasan yang dimiliki Kabupaten Muba. "Muba ini kaya akan budaya dan adat, jadi harus terus dikenalkan dengan masyarakat luas," ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua TP PKK Muba, Susi Imelda Beni Hernedi mengapresiasi perjuangan David dan Renanda yang sangat maksimal dalam mengikuti ajang Pemilihan Putra Putri Sriwijaya 2019 hingga akhirnya berhasil meraih Wakil I Putra-Putri Sriwijaya 2019.

"Keduanya tampil sangat maksimal, dan all out mengenalkan adat serta budaya asli yang dimiliki Kabupaten Muba," tuturnya.

Lanjutnya, capaian yang diraih ini ke depan dapat memotivasi generasi muda lainnya di Muba. "Selain itu, David dan Renanda juga diharapkan dapat terus mensosialisasikan adat, budaya, serta pariwisata yang ada di Muba," pungkasnya. (RM)

No comments

Powered by Blogger.