Header Ads

Pemindahan Lapak Pasar Talang Jawa Ke Randik Berjalan Lancar

MUBA,BERITA-ONE.COM- Meski sebelumnya pemindahan lapak di pasar Talang Jawa ke pasar Randik berjalan alot dan mendapatkan penolakan dari beberapa pedagang, akhirnya Selasa (29/10/2019) pagi jajaran Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) bersama Satpol PP, Kodim 0401, dan Polres Muba berhasil memindahkan lapak-lapak pedagang pasar Talang Jawa untuk melaksanakan aktifitas berdagang di pasar Randik.

Pantauan di lokasi, tampak pemindahan menggunakan mobil truk. satu-persatu lapak pedagang diangkut oleh Satpol PP bersama Dandim 0401 dan Polres Muba, bahkan tampak beberapa pedagang pun turut gotong-royong mengangkut sendiri lapak mereka untuk dipindahkan ke pasar Randik.

Plt Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin), Azizah, SSos, MT, mengatakan relokasi atau pemindahan terhadap sejumlah pedagang yang dilakukan setelah pihaknya mengedarkan surat himbauan untuk pindah ke Pasar Randik. Himbauan tersebut telah dilakukan sebanyak 4 kali terhadap pedagang di Pasar Talang Jawe.

"Ya, kami telah melayangkan sebanyak 4 kali kepada para pedagang agar segera pindah ke Pasar Randik. Kondisi Pasar Randik jauh lebih baik dan tidak mengganggu aktifitas lalu lintas, selain itu kebersihan juga terjaga,"kata Azizah, disela pemindahan Pasar Talang Jawe ke Pasar Randik.

Lanjutnya, pemindahan yang dilaukan pada hari ini berjalan cukup kondusif dan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Pedagang juga kooperatif dengan adanya pemindahan, pada hari ini pihaknya turun dengan terpadu dalam melakukan pemindahan.

"Pemindahan dan penertiban sendiri dilakukan atas dasar tidak ada izin pedagang yang ada di Pasar Talang Jawe. Dari data yang ada Dinas Perizinan hanya terdapar 13 bangunan yang memiliki izin, sedangkan sisahnya pedagang lainnya tidak memiliki izin sehingga kita melakukan pemindahan agar Pasar Randik lebih hidup,"ungkapnya.

Pedagang yang ada di Pasar Talang Jawe sudah di data dan sudah memiliki tempat masing-masing di pasar randik berdasarkan jenis dagangannya. "Ketersediaan lapak di pasar randik sangat cukup menampung semua pedagang di pasar talang jawa ini. kami sudah melakukan pendataan, ada sekitar 448 pedagang dan semua nya bisa di tampung di pasar randik,”ungkapnya.

Disinggung seandainya sejumlah pedangan di Pasar Talang Jawe kembali menggelar dagangan, pihaknya akan melakukan tindakan lanjutan untuk itu. "Kita akan mengambil tindakan lanjutan jika pedagang kembali menggelar dagangan. Kita yakin pedagang bisa 100 persen pindah ke Pasar Randik," tegasnya. (RM)

No comments

Powered by Blogger.