Header Ads

M. DAUD : Upaya Pengembangan Kain Gambo di Muba

MUBA,BERITA-ONE.COM- Upaya dan  keinginan Ketua PKK Muba, Thia Yufada yang ingin  memperkenalkan kain jumputan tradisional khas Musi Banyuasin  yang diberi nama kain Gambo langsung ditanggap oleh direktur PT Muba sarana Drs. Mohd Daud HD MM MSi.

Pantauan Awak Media ini
bahan baku  pewarnaan kain gambo  menggunakan bahan alami dari getah gambir  belakangan  ini produksinya menurun

Untuk kembali menggalakkan minat petani gambo ini direktur PT. Muba Sarana melakukan kunjungan ke beberapa petani gambo di wilayah dusun1 Jalan Sungai angit km 2 desa Toman guna menjajaki kerja sama memberikan  bantuan pemasaran yg lebih luas lagi.

Kunjungan dilakukan Senin (18-9-19) di Kediaman H. Badri dan Nopri di desa Toman, Kecamatan babat toman Kabupaten Musi Banyuasin provinsi Sumatera Selatan.

Dalam Penjelasannya  Daud bahwa Gambir atau gambo ini di Sumatera Selatan hanya  tumbuh di Kecamatan babat  Toman saja   berada di desa Toman dan menurut penelitian paling berkualitas, untuk  ini  PT Muba sarana berupaya melakukan pembinaan dan bantuan pemasaran getah Gambir. Kerjasama ini diharapkan dapat berjalan lancar dan mendapat dukungan dari berbagai pihak karena hasilnya bukan saja utk kepentingan BUMD tapi yg utamanya adalah utk meningkatkan kesejahteraan para petani Gambir di Toman Muba Harapnya. (RM)

No comments

Powered by Blogger.