Header Ads

Husman Gumanti : Ayo Sama - Sama Peduli Karhutlah

PALI,BERITA-ONE.COM - Sejak terjadinya musim kemarau tiga bulan belakangan ini, membuat sejumlah daerah terjadi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutlah), Khususnya diwilayah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), dalam hal ini pemerintah Kabupaten PALI mengajak seluruh masyarakat maupun perusahaan untuk sama - sama peduli Karhutlah.

Karhutlah merupakan tugas bersama. Saya mengajak (red - pemerintah) masyarakat, instansi terkait maupun perusahaan dan semua stake holder yang ada untuk bersama - sama peduli Karhutlah," ujar Bupati PALI Heri Amalindo melalui Asisten II Husman Gumanti, SE, M.Si di dampingi Camat Abab Emilia Rosa saat meninjau kebakaran di PT Golden Blosom Sumatra (GBS).

Husman juga menghimbau kepada masyarakat agar tidak membuat api sembarangan, karena Karhutlah tidak mungkin datang dengan sendirinya.


" Kesadaran masyarakat juga diperlukan, agar tidak membakar atau menghidupkan api sembarangan, adanya api karena ulah manusia yang tidak bertanggung jawab. Untuk itu mari kita sama - sama berbuat, karena penanggulangan BENCANA tanggunggung jawab bersama. Pemerintah, masyarakat dan stake holder lainnya, "himbaunya, Senin (16/9/2019).


Ditambahkannya, setiap musim kemarau selalu ada titik hotspot, terutama di wilayah Kecamatan Abab dan Penukal. Dan pihaknya telah meminta kepada masyarakat dan instansi terkait terutama perusahaan yang bergerak dibidang perkebunan untuk sama-sama menangani Karhutla. Khusus perusahaan untuk menyediakan tenaga dan peralatan khusus untuk menghadapi Karhutla, sebab kadang-kadang perusahaan itu sendiri yang lahannya banyak terbakar, katanya.


Ditempat yang sama, Junaidi Anuar SE. Selaku kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengatakan, kebakaran sudah dimana - mana bukan hanya diwilayah abab saja melainkan hampir di lima kecamatan yang ada di PALI. Namun, dalam hal ini tim satuan petugas (satgas) meliputi, Kodim, Polsek dan Danramil serta lainya selalu siap siaga terhadap bencana kebakaran.


Dijelaskan Junaidi, seperti hari ini kebakaran yang terjadi diwilayah perkebunan sawit PT GBS yang menghanguskan lebih kurang 12 hektar lahan sawit. Namun pihak kami dan di tambah Puluhan Tim Gabungan Personil Kodim Muara Enim 0404, Koramil Talang Ubi 403, dan ditambah puluhan Personil Polsek Abab, dan Polsek Talang Ubi berupaya untuk memadamkan api dilokasi tempat kejadian dan alhamdulillah selam 2 hari api bisa kita padamkan secara perlahan, tuturnya.(SH) 

No comments

Powered by Blogger.