Header Ads

TP PKK Muba Serap Inovasi Produk Unggulan UP2K TP PKK Klungkung

BALI,BERITA-ONE.COM-  Ketua Tim Penggerak Pemberdayan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), H Thia Yufada Dodi Reza didampingi Wakil Ketua TP PKK Muba Susy Imelda Beni Hernedi, beserta Pengurus Kabupaten dan Ketua TP PKK kecamatan se Kabupaten Muba melakukan Kunjungan Kerja ke Kabupaten Klungkung Provinsi Bali.

Rombongan disambut langsung oleh Ketua TP PKK Kabupaten Klungkung, Ayu Suwirta didampingi Sekretaris dan Pengurus PKK Kabupaten Klungkung, bertempat di Aula Bupati Kabupaten Klungkung, Rabu (28/8/2019).

Dalam sambutannya, Ayu Suwirta mengatakan bahwa Kabupaten Klungkung merupakan kabupaten paling kecil dari sembilam Kabupaten yang ada di Provinsi Bali. Terdiri dari empat kecamatan, dengan luas 315 km, dan jumlah penduduk 213.000 orang.

"Kami merasa bangga dan berterimakasih dikunjungi rombongan TP Kabupaten Muba ini. Jujur kami sendiri sangat ingin berkesempatan kunjungan ke PKK Sumatera Selatan terkhusus Kabupaten Muba, supaya silaturahmi ini tetap terjalin selamanya,"ujarnya.

Istri Bupati Klungkung ini juga menyampaikan bahwa salah satu Kecamatan dalam Kabupaten Klungkung yaitu Kecamatan Nusa Penida, telah berkembang pesat sebab memiliki potensi pariwisata yang baik. Kurang lebih 15.000 pengunjung setiap tahunnya, namun sarana dan prasarana kesana belum memadai.

"Selain pariwisata, Klunkung juga punya produk unggulan yaitu Yande Batok, berupa produk kerajinan batok kelapa yang menghantarkan UP2K PKK Desa Banjarangkan maju ketingkat nasional mewakili Provinsi Bali dan berhasil meraih Pakarti Utama III Tingkat Nasional tahun 2017, "ujar Ayu.

Lanjutnya, "kami juga penerima Kabupaten Layak HAM Tingkat Nasional empat kali berturut-turut. Untuk program kerja PKK sendiri, pada Pokja 1 kami menerapkan penghayatan dan pengalaman pancasila serta gotong royong. Pokja 2 melakukan pendidikan dan keterampilan serta pengembangan kehidupan berkoperasi. Kemudian Pokja 3 melakukan penanaman toga dengan memanfaatkan lahan perkarangan rumah/hatinya PKK. Dan Pokja 4 kami melakukan program kesehatan dan kelestarian lingkungan hidup,"bebernya.

Sementara itu Thia Yufada dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas penerimaan yang begitu baik dan luar biasa. Kabupaten Klungkung dengan Empat Kecamatan telah meraih prestasi nasional yang luar biasa, sehingga sengaja rombongan TP PKK Muba melakukan Kunjungan Kerja ke Kabupaten Klungkung agar dapat belajar.

"Maksud dan tujuan kami kesini selain menjalin silaturahmi, kami ingin belajar  pergerakan TP PKK di Kabupaten Klungkung. Baik dalam hal administrasi, pemanfaatan halaman/lingkungan rumah serya memberikan arahan ke TP PKK Kecamatan dalam Kabupaten Muba untuk belajar dari Kabupaten Klungkung dan pulang membawa ilmu yang baik,"pungkasnya.

Istri Bupati Muba ini juga mengatakan, dirinya membawa rombongan TP PKK Muba kunjungan ke Kabupaten Klungkungan agar bisa belajar inovasi UP2K dari TP PKK Klungkungan.

"Kami tertarik sekali dengan produk unggulan disini yaitu Yande Batok, berupa produk kerajinan batok kelapa. Ditempat kami juga kebetulan banyak potensi batok kelapa, harapan kami bisa berinovasi juga memanfaatkan batok kelapa ini, "ucap Thia. (RM)

No comments

Powered by Blogger.