Header Ads

Sosok Tangguh, Kakek Riva'i Penjual Empek - Empek Keliling Sudah Puluhan Tahun

PALI,BERITA-ONE.COM - Hidup adalah sebuah perjuangan yang harus dijalani penuh suka dan duka. Hal inilah yang menjadi landasan Kakek Muhamad Riva'i

(55) asal bukit arwah (Talang Miring), Kelurahan Talang Ubi Timur, Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten PALI, Provinsi Sumatera Selatan, yang sudah puluhan tahun menjalani profesi sebagai penjual empek - empek keliling dengan berjalan kaki, namun ia tidak pernah mengeluh meskipun harus berjalan sampai puluhan kilometer dibawah panasnya trik matahari setiap harinya.

Kakek yang dikenal dengan panggilan Pe'i ini, sudah memulai pekerjaannya dari tahun 86 sejak anak pertamanya yang masih berumur 5 tahun.  ia berdagang pagi hari dan pulangnya di sore hari, hingga dagangannya habis terjual . Kegiatan itu ia jalani terus menerus tanpa menghirauakan teriknya panas dan dinginnya air hujan.

" Ya dek kita jualan dari tahun 86 hingga kini, yang penting halal dan cukup untuk kebutuhan sehari - hari, yang penting kita tetap bersyukur dan semangat. Untuk lokasi berjualan sendiri tidak tentu, kadang di pasar, kadang di gelora. ya pokonya keliling seputaran pendopo (red - Kecamatan Talang Ubi)," ujarnya saat dijumpai media ini, Jumat (2/8/2019).

M. Riva'i mengaku, meski penghasilan sehari-harinya tak seberapa. Namun selama puluhan tahun ia menjalani usaha jualan keliling dengan senang hati. Dari hasil penjualan Empek - empek ia bisa membangun rumah sendiri dan memiliki Empat anak serta tiga cucu.

" Jualan kayak gini hasilnya memang tidak tentu, kadang ramai ya kadang sepi. Kalau di hitung rata-rata penghasilan bersihnya Rp 50 ribu – Rp 150 ribu. Kalau di pagi hari istri membantu dengan berkeliling seputaran rumah, pulangnya kisaran jam 9. Alhamdulillah dengan berjualan kebutuhan sehari - hari kami cukup," katanya.

Ditanya keinginan untuk berjualan menggunakan sepeda maupun kendaraan bermotor ia lebih suka berjalan kaki. Dia hanya berdoa kepada yang maha kuasa agar terus deberikan kesehatan.

" Enak berjalan kaki,  meski kiloanmeter berjalan, namun tetap enak berjalan kaki, karena memudahkan untuk masuk - masuk lorong ataupun gang - gang sempit. Yang penting badan sehat dan jualan laris manis," harapnya sambil tersenyum manis.(SH) 

No comments

Powered by Blogger.