Header Ads

Kejagung Periksa Mantan Kepala PT Bank Syariah Mandiri CP Simalungun Sumut.

Jakarta,BERITA-ONE.COM-Penyidik Tindak Pidana khusus (Pidsus) Kejaksaan Agung (Kejagung)  melakukan pemeriksaan terhadap Saksi Dhanny Surya Satriya  mantan Kepala PT Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Perdagangan Simalungun Sumatera Utara tahun 2009, Rabu 28 Agustus 2019.

Saksi Dhanny diperiksa dalam  kasus dugaan tindak pidana korupsi terkait pemberian fasilitas pembiayaan PT. Bank Syariah Mandiri kepada PT. Tanjung Siram sehubungan  dengan nota analisa pembiayaan yang diajukan oleh PT. Tanjung Siram dan pencairan pembiayaan kepada PT. Tanjung Siram.  

Kapuspenkum Kejagung Dr. Mukri SH.MH mengatakan, dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi tersebut, pada tahun 2009 PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Perdagangan Simalungun Sumatera Utara memberikan pembiayaan kepada PT. Tanjung Siram, dimana dalam pemberian pembiayaan yang semestinya dicairkan secara bertahap namun, dilakukan pencairan sekaligus sebesar Rp. 35 milyar.

Pinjaman sebesar itu dengan angunan yang tidak mencukupi untuk fasilitas pembiayaan selama 7 (tujuh) tahun, yaitu hanya sebesar Rp. 931 juta. 

Kemudian pembiayaan mengalami kategori kolektibilitas 5 pada tahun 2014 dan agunan tidak cukup untuk pengembalian pinjaman sehingga, diduga dapat mengakibatkan kerugian keuangan negara, kata Kapuspenkum mengakhiri penjelasannya. (SUR).

No comments

Powered by Blogger.