Header Ads

Gambo dan Camilan Sehat Eco Food Muba Ramaikan Sriwijaya Expo

PALEMBANG,BERITA-ONE.COM- Ajang Sriwijaya Expo 2019 di Palembang bertambah meriah dengan hadirnya Gambo dan ecofood khas Muba. Tak bisa disangkal keberadaan stand Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) yang memamerkan Gambo Muba dan cemilan sehat eco food dari hasil olahan petani di lahan Gambut Bumi Serasan Sekate bikin hangat suasana.

Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dispopar) Muba bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Muba berhasil memukau pengunjung dengan keberadaan inovasi Gambo dan olahan camilan sehat eco food.

"Ada beberapa jenis kain Gambo, baju, scraf, bomber, sweater, dan payung gambo Muba. Belum lagi olahan cemilan eco food yang kita bawa di ajang Sriwijaya Expo 2019 ini," ungkap Plt Kadisperindag Muba, Azizah SSos MT.

Produk hasil olahan eco food yang sebelumnya sempat memukau di Oslo itu kembali membuat pengunjung Sriwijaya Expo berdecak. Sejumlah produk yang dipamerkan  berupa Nanas Kering, Keripik Kelapa, Beras Merah, Beras Hitam, Beras Putih, Sambal Tabur Nanas, dan Selai Nanas yang semua hasil olahan ini merupakan produk hasil olahan petani di lahan gambut Musi Banyuasin.

"Dibawah binaan Badan Restorasi Gambut (BRG) RI, produk camilan gambut sehat ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung Sriwijaya Expo," bebernya.

Lanjutnya, Kabupaten Muba terus mengembangkan ekonomi kreatif yang ramah lingkungan, diantaranya berupa produk kerajinan rakyat Jumputan Gambo Muba yang di inisiasi Ketua TP PKK Muba Thia Yufada dengan bahan baku pewarnaannya dihasilkan dari limbah dari  pengolahan getah Gambir.

"Dengan demikian, ke depan langkah ini akan menjadi salah satu strategi Pemkab Muba untuk meningkatkan aktivitas perekonomian masyarakat guna mewujudkan peningkatan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat," ulasnya.

Sementara itu, Plt Kadispopar Muba Muhammad Fariz  menyebutkan dalam rangkaian Sriwijaya Expo juga dipamerkan promosi pariwisata Muba.

"Kemudian juga ditampilkan video promosi Kabupaten Muba yang menjadi magnet pengunjung Sriwijaya Expo 2019," ungkapnya.

Fariz menambahkan, baiknya agenda ini juga sebagai langkah efektif dalam mempromosikan Event Sport Tourism seperti yang akan dilaksanakan di Musi Banyuasin dalam waktu dekat seperti agenda Semangat Baru Jelajahi Muba.

"Kegiatan ini akan dilaksanakan pada September-Desember 2019 dengan banyak rangkaian kegiatan seperti Bongen Fest, Muba Expo, Festival Randik dan kegiatan menarik lainnya," pungkasnya. (RM)

No comments

Powered by Blogger.