Header Ads

Fraksi-Fraksi DPRD Sampaikan Pandangan Umum Terhadap Nota Keuangan R-APBD 2020

MUBA,BERITA-ONE.COM -  Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Musi Banyuasin menggelar Rapat Paripurna Masa Persidangan II Rapat ke-26 dalam rangka Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD terhadap Nota Keuangan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2020.

Paripurna dibuka oleh Wakil Ketua DPRD Muba Sugondo, di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Muba, yang dihadiri Bupati Muba H Dodi Reza Alex, Ketua DPRD Kabupaten Muba Abusari SH MSi, Wakil Ketua dan Anggota DPRD Kabupaten Muba, Forkopimda, Sekretaris Daerah Kabupaten Muba, Drs H Apriyadi MSi, Para Asisten, dan Kepala PD se-Kabupaten Muba, Senin (26/8/2019).

Berikut petikan Pemandangan Umum Fraksi DPRD Muba terhadap Nota Keuangan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2020.

Juru Bicara Fraksi PAN Tapriansyah SE mengatakan nota keuangan merupakan penjelasan secara garis besar arah dan kebjakan RAPBD TA 2020 sebagai bagian dari upaya pencapaian visi, misi, arah dan tujuan serta sasaran yang telah ditetapkan rancangan kerja pemerintah daerah serta mengacu pada RPJMD.

"Kami Fraksi PAN meminta kepada saudara Bupati untuk menjelaskan secara rinci terkait rancangan pendapatan daerah, belanja daerah dan kebijakan pembiayaan daerah. Selain itu juga agar perangkat daerah dapat efesiensi menggunakan anggaran dengan memperhatikan program kerja skala prioitas.Disarankan juga agar Bupati beri reward kepada OPD yang mampu mendapatkan program kegiatan dari anggaran pusat, dan beri juga punishman bagi OPD tidak mampu menginisiasi mendapatkannya,"bebernya.

Kemudian juru bicara Fraksi PDI-Perjuangan, Sodingun SH mengatakan, di APBD tahun 2020 harus lebih baik dari sebelumnya, baik dari kinerja eksekutif maupun dalam pelaksanaan keuangan.

"Kami mengusulkan agar penataan birokrasi yang baik di Pemkab Muba dan menghilangkan birokrasi yang berbelit agar dapat memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Kemudian dalam menjalankan program supaya bersinergi dengan pemangku jabatan. Dan menyarankan dalam program arah pembangunan mengacu ke nasional dan daerah, serta revolusi mental pada prilaku ASN dalam melaksanakan tugasnya,"ujarnya.

Fraksi PKS, Iwan Aldes menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Bupati dan segenap eksekutif telah menyusun RAPBD 2020 dengan gerak cepat, dan berharap realisasi tepat waktu pelaksanaanya. Untuk itu berharap kepada saudara Bupati dan perangkat daerah agar RAPBD TA 2020 ini dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi kemakmuran masyarakat Muba baik dibidang ekonomi, pendidikan dan kesehatan.

"Masukan kepada eksekutif untuk memaksimalkan penyerapan anggaran sesuai dengan target yang telah ditetapkan serta memastikan alokasi anggaran betul-betul tepat guna dan tepat sasaran sehingga memberikan manfaat kepada masyarakat",ujarnya. (RM)

No comments

Powered by Blogger.