Header Ads

Diduga Kota Tanjung Enim, ISPA Menjadi Persoalan Serius,DLH Akan Surati Perusahaan Tambang

MUARA ENIM, BERITA-ONE. COM Sekalipun belum di dapat data secara riil menyangkut berapa banyak peningkatan masyarakat yang terkena dampak infeksi saluran pernapasan atas atau ISPA  dari instansi terkait, namun dampak debu yang ada di kota Tanjung Enim patut menjadi perhatian masyarakat dengan melakukan berbagai upaya preventif dan patut waspadai. Sebagai upaya terhadap indeks standar pencemaran udara atau ISPU.yang sudah diambang tidak sehat.

Diketahui bahwa dampak debu yang diduga diakibatkan dari batu bara di kota Tanjung Enim Kecamatan Lawang Kidul Kabupaten Muara Enim juga menjadi persoalan yang serius, dikatakan demikian karena beberapa waktu lalu Masyarakat khususnya di Desa Tegalrejo RT 14 diduga terpapar debu dengan banyaknya stock file yang ada di penambangan PT Bukit Asam Tbk wilayah Banko Barat, sehingga PT BA melalui CSR nya membagikan makanan tambahan berupa 2 kotak susu bubuk merk Dancow kepada 417 kepala keluarga yang dibagikan secara berkala hingga bulan Desember nanti.

Dikonfirmasi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Muara Enim Ir Kurmin melalui sekretaris Dinas Drs Asmawi (14/8/19)  menyebut saat ini pada data per 31 Juli 2019 kondisi udara di kota Muara Enim mencapai 92,16 angka tersebut masih dalam kategori sehat

Sedangkan untuk di kota Tanjung Enim indeks standar pencemaran udara sudah di level 145 angka tersebut dinyatakannya jelas sudah “tidak sehat” data tersebut juga kita input per 31 Juli 2019 uraiannya.

Ditambahkan asmawi pula bahwa saat ini  kami lagi membuat surat bupati Muara Enim  untuk disampaikan ke perusahaan tambang yang ada di Tanjung Enim agar  meningkatkan  pengelolaan lingkungan khususnya berkaitan dengan  debu. di antaranya penyiraman  jalan,  baik yang ada di lokasi tambang maupun di luar lokasi tambang. paling tidak mengurangi serta mencarikan alternatif teknologi lain sehingga debu tidak  berterbangan di lokasi permukiman pungkasnya. (Tas)

No comments

Powered by Blogger.