Header Ads

Dalam waktu Dekat, Desa Burai, Akan Jadi Lumbung Padi Di Ogan Ilir

Kepala Desa Burai  dan Kelompok Sahabat  Tani
OGAN-ILIR-BERITA ONE.COM-Banyaknya lahan tidur diwilayah Desa Burai, membuat Pemerintah Desa Burai, kecamatan Tanjung Batu , Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan,  berinovasi dengan cara memanfaatkan lahan tidur  tersebut,  menjadi lahan  produktif.

Dibawah binaan GAPOKTAN  (Gabungan Kelompok Tani )   LEBAK BURAI  Pemerintah Desa Burai , bekerja sama dengan SAHABAT TANI  kelompok Tani yang diketuai oleh  Bapak Irwan Noviatra,  yang merupakan Anggota DPRD Ogan Ilir.   seluas  500 Hektar lahan tidur digarap menjadi sawah cetak.

Lahan  seluas 500 Hektar tersebut, merupakan aset Desa yang selama ini terbengkalai alias tidak dimaanfaatkan. Untuk itulah  pemerintah Desa Burai berinisiatif menjadikan lahan tersebut menjadi lahan produktif ,  untuk masyarakat.

Seperti yang dikatakan Kepala Desa Burai ,  Ferri Yanto,  Senin ( 19/8/2019) , penggarapan lahan ini sebagai inovasi pemanfaat lahan tidur diwilayah Desanya.

" Inisiatif pemanfaatan lahan tidur ini sudah sejak lama kami rencanakan, namun terkendala teknis dilapangan, allhamdulilah pada tahun ini dapat terealisasi,  rencananya sawah cetak tersebut akan dikelola oleh Kelompok Tani yang ada di Desa kami,  bekerja sama dengan pihak ketiga sala satu pengusaha swasta ogan ilir ,  disamping itu juga ,  pemanfaatan lahan tidur ini, sangat didukung oleh Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir,
terbukti dengan adanya bantuan dua unit Traktor melalui Dinas pertanian Ogan Ilir,  semoga apa sudah dilakukan ini bisa bermaanfaat bagi masyarakat, terkhusus bagi masyarakat Desa Burai, target kita Desa Burai ini dapat menjadi lumbung padi bagi kabupaten Ogan Ilir " Ujarnya.

Sementara itu,  , dalam pembukaan lahan tersebut mendapat Respon baik  dari  Himpunan Kelompok Tani Indonesia (HKTI)  ,  dengan adanya kunjungan   Bapak Iskandar Samuel , salah satu pengurus HKTI pusat ke Desa Burai ,  untuk mengecek langsung kelokasi lahan yang digarap,  belum lama ini.

Semoga Penggarapan lahan tidur yang dilakukan oleh pemerintah Desa Burai ini,  dapat menjadi motivasi bagi Desa-desa lain yang terdapat banyak lahan tidurnya.  (Zaki)

No comments

Powered by Blogger.