Header Ads

Bupati Muara Enim Karhutlah Salah Satu Tugas Kita Semua Namun Yang Membakar Lahan Wajib Ditindak Tegas

MUARA ENIM, BERITA-ONE. COM-Kegiatan Karhutlah tidak mengenal istilah tanggal merah, walaupun sudah masuk weekend Bupati Muara Enim H Ahmad Yani langsung melakukan peninjauan Lokasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), Minggu (18/08) di Lahan Desa Sukamerindu Kecamatan Sungai Rotan.

Memang Karhutlaini terjadi pada hari Rabu tanggal 07 Agustus 2019 Pukul 05.30 WIB kemarin, akan tetapi sampai hari ini Personil Gabungan TNI-POLRI,BPBD Muara Enim, Tim Karhutla Kecamatan Sungai Rotan terus bersinergi mengupayakan pemadaman titik api tersebut karena masih terlihat asap-asap yang keluar dari bawah tanah (lahan gambut) berdasarkan pantauan dari udara (Drone).

Disela peninjauan Ahmad Yani menegaskan, Karhutla ini merupakan masalah ataupun tugas kita semua untuk memadamkannya, namun jika ada yang sengaja membakar hutan dan lahan maka wajib harus di tindak tegas oleh Aparat terkati sesuai Undang-undang yang berlaku.

Ia menambahkan, kejadian seperti ini sudah sering terjadi apalagi dilahan gambut seperti perkebunan sawit dan rawa-rawa yang kering, "untuk itu, agar masalah ini bisa cepat diatasi kita harus membuat embung untuk penyimpanan air di titik-titik rawan kebakaran hutan dan lahan sehinggga jika terjadi Karhutla kita bisa cepat bertindak.”

Turut mendampingi, Dandim 0404/Muara Enim, Sekretaris Daerah Muara Enim, Para Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemkab Muara Enim, Camat Sungai Rotan, Tim Karhutla Kecamatan Sungai Rotan.

Sebelum meninjau Karhutla di Kecamatan Sungai Rotan Bupati Muara Enim terlebih dahulu meninjau lokasi kebakaran rumah warga (4 rumah) di Dusun I Desa Lubuk Mumpo Kecamatan Gunung Megang, tak lupa ia memberikan semangat serta bantuan dan Alhamdulillah tidak ada korban jiwa saat peristiwa tersebut terjadi.(Tas) 

No comments

Powered by Blogger.