Header Ads

Saka Pariwisata Muba Kunjungi DPK Muba

MUBA,BERITA-ONE.COM - Saka Pariwisata Muba rabu, 10 Juli 2019 kunjungi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Musi Banyuasin dalam rangka menambah wawasan dan pengetahuan tentang perpustakaan dan kearsipan.

Rombongan Saka Pariwisata Muba dipimpin langsung oleh Wardata, S.Pd. selaku Ketua dan Arman Sucipto, S.H. selaku Sekretaris yang kedatangannya diterima oleh Kepala DPK Muba yang diwakili oleh Apriadi, S.Sos., M.Si. Sekretaris DPK, Emi Marviana, S.E., M.Si. Kabid Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca, Zainal Abidin, S.IP., M.Si. Kabid Layanan, Alih Media dan Otomasi Perpustakaan, Kabid Pembinaan Kearsipan, Herawaty, S.Kom., M.Si. Kabid Pengelolaan Arsip, Mulyadi, S.Sos. dan Kabid Pengembangan Koleksi, Pegolahan dan Konservasi Bahan Perpustakaan Sarbini, S.E.

Pada kata sambutannya; Apriadi, S.Sos, M.Si mengatakan terima kasih atas kunjungan Saka Pariwisata Muba, pintu Dinas perpustakaan dan Kearsipan ini terbuka bagi adik-adik generasi bangsa ini dan perlu kami perkenalkan bahwa Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Musi Banyuasin bukan hanya tempat utk membaca buku tapi juga merupakan tempat untuk melakukan kegiatan dan aktifitas lainnya yang bernilai positif dan mempersilahkan anggota Saka Pariwisata Muba untuk berkegiatan disini baik perorangan maupun secara kelompok. lanjut; Apriadi.

Sementara Ketua Saka Pariwisata Muba Wardata, S.Pd mengucapkan; banyak terima kasih atas penyambutannya yang hangat dan kami mohon maaf apabila sedikit terlambat. Sebenarnya sudah lama Kak Arman ingin mengajak adik-adik anggota Saka Pariwisata Muba ini kunjungan ke sini, lanjut; Wardata.

adik-adik anggota Saka Pariwisata Muba diajak berliterasi dengan membaca buku selama 15 menit dan kemudian diminta untuk menceritakan kembali isi buku tersebut. Anggota Saka yang berhasil menceritakan dgn baik diberi hadiah berupa bingkisan menarik. Disamping itu mereka juga diminta untuk membuat kartu anggota perpustakaan yang nantinya dapat digunakan untuk meminjam buku di Perpustakaan.

Seperti yang kita ketahui Satuan Karya Pramuka (Saka) Pariwisata adalah salah satu Satuan Karya Pramuka yang merupakan wadah Pendidikan anggota pramuka penegak dan pandega di bidang Kepariwisataan yang dibina oleh Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Musi Banyuasin dibawah kepemimpinan Muhammad Fariz, S.STP.,MM selaku Kepala Dinas dan juga sebagai Ketua Majelis Pembimbing Saka Pariwisata Muba,

Rombongan adik-adik anggota Saka Pariwisata muba selanjutnya diperkenalkan tentang Arsip dan Depo Arsip Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Musi Banyuasin.

Tim Kearsipan yang dipimpin oleh Kabid Pembinaan Kearsipan,  Herawaty, S. Kom, M.Si dan didampingi oleh arsiparis Ibu Djum Hermawati dan Yoselina memperkenalkan berbagai koleksi arsip statis yg bernilai sejarah berupa foto-foto Puyang,  Bupati, Wakil Bupati, Sekkretaris Daerah yang pernah menjabat di Musi Banyuasin.

Selain itu Kepala Bidang Pembinaan Kearsipan menjelaskan kepada adik-adik anggota Saka Pariwisata Muba, apa yang dimaksud dengan arsip sebagai memori kolektif suatu daerah bahwa dengan menyimpan arsip Musi Banyuasin tempo dulu salah satunya foto Abdul Malik Wali Negara, generasi penerus Musi Banyuasin akan mengetahui bahwa sejarah mencatat Wali Negara Sumatera Selatan yang pertama kali dilantik berasal dari Musi Banyuasin.
Betapa pentingnya arsip untuk kita simpan dan pelihara sesuai dengan prosedur kearsipan.

Kemudian kunjungan dilanjutkan dengan melihat Depo Arsip yang ada dilantai 2 Gedung arsip.

Terdapat Lemari Roll O Peck tempat menyimpan arsip statis maupun arsip  aktif yang berasal dari Perangkat Daerah. (RM)

No comments

Powered by Blogger.