Header Ads

Kepala Disnaker Imbau Perusahaan di Prabumulih Utamakan Tenaga Kerja Lokal

PRABUMULIH,BERITA-ONE.COM - Guna mengurangi angka pengangguran setiap tahunnya, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Prabumulih terus melakukan berbagai upaya dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui pelatihan-pelatihan
agar para pencari kerja berkompetensi dan menciptakan daya saing serta mengimbau setiap perusahaan di Prabumulih untuk memprioritaskan tenaga kerja lokal.

Banyaknya para pencari kerja tersebut terlihat dengan membludaknya jumlah pelamar yang mendaftar di Disnaker Prabumulih untuk mengikuti pelatihan kerja tersebut.

"Pelatihan-pelatihan yang selama ini diadakan sudah berjalan cukup baik.

Diharapkan dengan pelatihan yang diberikan kepada pekerja, bisa meningkatkan sumber daya tenaga kerja lokal, sehingga dapat bersaing dengan tenaga kerja dari luar Prabumulih," ujar Kepala Disnaker Kota Prabumulih, Ir Bambang Sukanton, Senin (22/07/2019).

Dikatakannya, tujuan utama pelatihan tersebut selain menekan tingkat pengangguran juga supaya tenaga kerja bisa menghasilkan pendapatan dengan membuka usahanya sendiri melalui keterampilan dan keahlian yang didapat.

"Tujuannya untuk mengurangi pengangguran antara lain dengan cara memberikan pelatihan tenaga kerja di Kota Prabumulih supaya menjadi tenaga kerja mandiri, wirausaha-wirausaha yang menghasilkan pendapatan," ungkapnya.

Selain itu, ia mengimbau agar setiap perusahaan di Prabumulih lebih mengutamakan tenaga kerja lokal untuk penerimaan karyawan.

"Setiap perusahaan yang beroperasi di Kota Prabumulih untuk mengusahakan dan mengupayakan secara maksimal agar bursa lowongan kerja (loker) di perusahaannya dapat diisi oleh tenaga kerja lokal," tegasnya.

Saat ini lanjutnya, para pencari kerja di Prabumulih meningkat. Terbukti dengan banyaknya warga yang melamar pekerjaan di Citymall beberapa waktu yang lalu.

"Yang melamar sekitar 600 orang, yang diterima hanya 13 orang," ungkapnya.

Untuk itu, ia juga mengimbau jika ada perusahaan yang tengah membuka lowongan kerja, maka para perusahaan ini seharusnya wajib melapor pada pihaknya.

Sehingga dengan begitu, para pencari kerja lokal bisa secepatnya diberdayakan. Jika tenaga kerja lokal ada kenapa harus ambil dari luar daerah.

"Silahkan ambil tenaga kerja dari luar daerah, sepanjang tenaga kerja lokal prabumulih tidak memenuhi syarat yang dibutuhkan perusahaan tersebut," pungkasnya.(B1)

No comments

Powered by Blogger.