Header Ads

Dodi Optimis Muba Jadi Juara Balita Sehat Di Tingkat Provinsi


MUBA,BERITA-ONE.COM – Dalam rangka menyiapkan generasi Indonesia yang sehat dan produktif, Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Pemkab Muba) melalui Dinas Kesahatan Muba menyelenggarakan lomba balita sehat dan berprestasi tingkat Kabupaten Muba, Selasa(2/7/2019) di Pendopoan Griya Bumi Serasan Sekate.

Lomba yang mengusung tema “ Kualitas Keluarga Penopang Perlindungan Anak” ini yang dibuka langsung oleh Bupati Muba H. Dodi Reza Alex yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Dinas Kesehatan dr.H. Azmi Dariusmansyah, MARS., dilaksanakan dalam rangka memperingati hari anak Nasional yang diperingati setiap tanggal 23 Juli.
Menurut laporan panitia Sriwijayani, Peserta pada lomba adalah  pemenang terbaik I yang mewakili 28 Pukesmas dari 16 Kecamatan yang ada di wilayah Muba dan peserta yang menang tingkat kabupaten akan mengikuti lomba balita sehat tingkat provinsi Sumsel mewakili Kabupaten Muba pada tanggal 15-17 Juli 2019 mendatang.

Dalam sambutannya, ia menyampaikan bahwa kegiatan yang dilaksanakan ini sebagai memotivasi orang tua untuk senantiasa mengamati perkembangan tumbuh kembang anak dengan rutin mengikuti Pos Pelayanan Keluarga Berencana – Kesehatan Terpadu (Posyandu) untuk mewujudkan generasi yang  dilakukan sedini mugkin sejak masih dalam kandungan.

“Anak-anak adalah mutiara bangsa yang keberadaannya menjadi penting untuk diayomi, di sayang  dan di didik menjadi manusia yang seutuhnya. Namun tampaknya, dunia saat ini bukan tempat yang aman lagi bagi anak-anak. Masih adanya kasus stunting (Balita lebih Pendek dari balita normal ), kurang gizi dan kasus-kasus yang terus membanjiri berita Nasional begitu memprihatinkan dengan terlibatnya anak-anak sebagai korban atau bahkan pelaku tindak kriminal, dan hal lainnya. Nah sudah menjadi tanggung jawab kita orang tua untuk memberikan lingkungan pendidikan yang terbaik untuk anak-anak kita, selain itu Pemerintah telah meluncurkan Rencana Aksi Nasional Penanganan Stunting pada bulan Agustus 2017, yang menekankan pada kegiatan konvergensi di tingkat Nasional, Daerah dan Desa, untuk memprioritaskan kegiatan intervensi Gizi Spesifik dan Gizi Sensitif pada 1.000 Hari Pertama Kehidupan hingga sampai dengan usia 6 tahun. Kegiatan ini diprioritaskan pada 100 kabupaten/kota di tahun 2018. Kebijakan ini didukung melalui :
• Peraturan Presiden No. 42 Perbaikan Gizi,
• Instruksi Presiden No. 1 Masyarakat Sehat

Tahun 2013 tentang Percepatan
Tahun 2017 tentang Gerakan
 • Peraturan Presiden No. 83 Tahun 2017 tentang Kebijakan
Strategis Pangan dan Gizi
ungkapnya.

Dirinya juga mengharapkan kepada seluruh Dinas, Instansi serta seluruh masyarakat untuk ikut peduli dan memfokuskan program kerja guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia dimulai anak dalam kandung hingga dewasa. “Kami Pemkab Muba mengucapkan selamat kepada pemenang yang terpilih dan akan berlomba hari ini. Dan kami perharap kepada pemenang hari ini untuk menjaga kesehatan supaya bisa menjadi juara juga di tingkat Provinsi amiiin,”tutupnya. (RM)

No comments

Powered by Blogger.