Header Ads

Bursa Inovasi Desa Mendorong Kesejahteraan dan Perekonomian Masyarakat

PALI, BERITA-ONE. COM - Guna mengoptimalisasikan pemakaian dana desa, pemerintah pusat melalui Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi menggulirkan Program Inovasi Desa (PID). Dimana tujuannya adalah untuk memajukan desa-desa di seluruh Indonesia.

Dalam hal ini, pelaksanaan PID di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) yang dimotori Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) berkeliling disetiap kecamatan untuk menggelar Bursa Inovasi Desa.

Dalam bursa inovasi desa tersebut, sebanyak 65 desa di Kabupaten PALI ditantang bisa menciptakan terobosan baru dalam pengelolaan dana desa agar mengoptimalkan potensi yang ada di desanya masing-masing.

Kepala DPMD PALI, A Gani Ahmad melalui Edi Irwan selaku Kepala bidang  pemberdayaan menuturkan,  kegiatan bursa inovasi yang ada di 5 kecamatan di laksanakan secara bergilir tiap kecamatan kecamatan yang ada di Kabupaten PALI, dan bertujuan menggali potensi desa maupun inovasi desa dengan tujuan memajukan desa itu sendiri, tuturnya saat kegiatan bursa inovasi desa yang dipusatkan di halaman kantor Kecamatan Talang Ubi, Rabu (24/7/2019).

Lanjutnya, Bagi desa yang mendapat ranking dan masuk kriteria penilaian, desa bersangkutan bakal menerima reward dari Kementerian Keuangan berupa menerima dana desa pada tahun 2020 mendatang langsung 60 persen tahap awal pencairan, tidak mesti satu kabupaten satu desa, namun desa yang terbaik menurut penilaian tim bakal mendapat reward tersebut," ujarnya. 

Dikatakan Camat Kecamatan Talang Ubi Hardin, program bursa inovasi desa sebagai pemanfaatkan dana desa untuk mewujudkan komitmen pemerintah dalam membangun desa-desa tertinggal 

" Menggerakan pembangunan didesa sesuai kebutuhan skala perioritas berupa konsep inovasi desa yang telah di rencanakan pemerintah desa untuk kepentingan masyarakat dalam upaya mendorong perekonomian dan kesejahteraan masyarakat," pesannya kepada kepala desa. 

Sementara Ketua TPID Kecamatan Talang Ubi, Tris Marsandi merasa yakin salah satu desa di Kecamatan Talang Ubi bakal menerima reward yang ditawarkan kementerian keuangan. 

"TPID memberikan pilihan menu bursa yang wajib dilaksanakan desa-desa sesuai potensi yang dimilikinya. Ada banyak pilihan disana, dan kalau optimal dijakankan, maka saya yakin salah satu desa dalam kecamatan Talang Ubi yang mewakili PALI terima reward itu," jelas Tris. 

Ditambahkan Tris, dengan memberikan banyak referensi dan inovasi-inovasi pembangunan desa, diharapkan mampu memantik kreatifitas desa dalam mengoptimalkan berbagai potensi yang dimiliki. 

" Kita akan memonitoring kegiatan terkait bursa inovasi desa dan menyebar luaskan informasi. Jadi kami akan selalu ada mendampingi desa-desa yang ada di Talang Ubi dalam melaksanakan PID," pungkasnya.(SH)

No comments

Powered by Blogger.