Header Ads

Wujudkan Visi SMART Dan Positive Journalist, PWI-Pemkab Muba Teken MOU

MUBA,BERITA-ONE.COM- Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Musi Banyuasin (Muba) bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muba meluncurkan Visi Smart & Positive Journalist, kamis (25/4) di Auditorium Pemkab Muba.

 Peluncuran visi ini sebelumnya ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Bupati Muba H. Dodi Reza Alex Noerdin dengan Ketua PWI Muba Herlin Koisasi disaksikan langsung oleh Ketua PWI Pusat H. Atal S. Depari dan Ketua PWI Sumsel H. Firdaus Komar.

"MoU ini terkait dengan kerjasama dalam penyelenggaraan kejurnalistikan di Kabupaten Musi Banyuasin, meliputi : kerjasama program pendidikan dan pelatihan kejurnalistikan, program kejurnalistikan berbasis digital dan kemitraan dalam pelaksanaan kejurnalistikan", ujar Herlin Koisasi.

Ditambahkan oleh Herlin, sebagai organisasi wartawan yang independen dan profesional, PWI mempunyai tujuan untuk mencapai cita-cita bangsa; kehidupan pers yang merdeka, profesional, bermartabat dan beradab; terpenuhinya hak publik memperoleh infomasi yang tepat, akurat dan benar; serta terwujudnya tugas pengawasan, kritik, koreksi dan saran terhadap hal-hal yang berkaitan dengan kepentingan publik. Dalam Peraturan Dasar PWI untuk mencapai itu PWI dapat melakukan upaya kerjasama dengan pemerintah.

"Tujuan MoU ini untuk mensinergikan sumber daya para pihak (Pemkab Muba dan PWI Muba -red) dalam rangka memenuhi hak publik di Kabupaten Muba dalam memperoleh informasi yang tepat, akurat dan benar", harap Herlin.

Sementara itu Bupati Muba mengatakan dengan telah ditandatangani MoU ini menyatakan Pemkab Muba siap bekerjasama dan mendukung terwujudnya visi PWI Muba Smart & Positive Journalist.

"Saya memberikan apresiasi kepada PWI Muba yang mempunyai visi Smart & Positive Journalist ini. Nanti melalui Dinkominfo (Dinas Komunikasi dan Informatika-red) Muba kerjasama penyelenggaraan kejurnalistikan di Kabupaten Muba ini dapat dijalankan", ujar Dodi usai menerima penghargaan sebagai anggota kehormatan PWI oleh Ketua Umum PWI Pusat.

Terpisah Pelaksana Tugas Kepala Dinkominfo Muba Dicky Meiriando mengatakan siap melaksanakan perintah Bupati Muba untuk merealisasikan MoU yang telah ditandatangani. "Kalau untuk Program Kejurnalisitikan berbasis digital kami telah membantu membuatkan website PWI Muba dan kedepan kita akan mendorong PWI membentuk komunitas wartawan digital, nantinya dapat mengikuti pelatihan kejurnalistikan digital yang ada. Kemudian di 2020 kita sudah memasukan program Sekolah Jurnalistik dalam usulan kegiatan APBD Muba", ujar Dicky.

Selanjutnya ditambahkan oleh Dicky, terkait dengan teknis kerjasama pelaksanaan kejurnalistikan Pihak Dinkominfo Muba akan mengawali dengan melakukan FGD dengan Pihak PWI Muba untuk bersama-sama menyusun SOP dalam hal melaksanakan kegiatan jurnalistik meliputi mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi dengan menggunakan media massa. Sehingga diharapkan dengan adanya sinergitas terjalinnya kolaborasi antara PWI dan Pemkab Muba untuk memenuhi hak publik dalam memperoleh informasi yang tepat, akurat dan benar.

Diharapkan pula dengan adanya kerjasama ini, PWI dapat berpartisipasi dalam mendukung tercapai tujuan pemerintahan daerah yakni memberikan perlindungan, pelayanan, pemberdayaan dan pemberian kesejahteraan masyarakat khususnya di Kabupaten Muba. (ROM)

No comments

Powered by Blogger.