Header Ads

Isra Miraj Merupakan Salah Satu Peristiwa Penting Bagi Kehidupan Nabi Muhammad Dan Umat Islam

MUBA,BERITA-ONE.COM - Bertempat di Masjid Thoyibatul Ihksan Desa Gajah Mati, Pemerintah Kecamatan Sungai Keruh mengajak ratusan masyarakatnya untuk mendengarkan ceramah agama yang disampaikan oleh Ustad Fadholi dalam rangkah memperingati Isra Miraj 1440 Hijriah, Rabu (3/4/18).

Camat Sungai Keruh M Imron S.Sos M.Si mengatakan bahwa melalui momentum Isra Miraj ini, pihaknya berkeinginan mengajak masyarakat untuk kembali mengingat kembali perjalanan spritual Nabi Muhammad SAW.

"Isra Miraj merupakan salah satu peristiwa penting bagi kehidupan Nabi Muhammad dan juga umat Islam," katanya.

Menurut Imron pihaknya berkeinginan untuk turut berperan meningkatkan iman dan taqwa masyarakat khususnya generasi muda di Bumi Serasan Sekate,  dimana selaras dengan program Muba Mengaji yang mulai digencarkan oleh Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin.

"Sama seperti target yang ingin dicapai yakni meminimalisir generasi muda di Muba khususnya kecamatan Sungai Keruh untuk membangun iman taqwa juga menghindari generasi penerus terjerat pada narkotika, pergaulan bebas dan penyakit masyarakat lainnya" katanya.

Selain itu, pada kesempatan ini mereka mengurai sejarah isra’ mi’raj atau perjalanan Nabi Muhammad, SAW dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa. Serta naik ke sidatrullmuntaha untuk menerima perintah Allah. Yakni perintah untuk menunaikan ibadah shalat 50 waktu.

“Perjalanan Isra Mi’raj ini dilakokani nabi pada tanggal 27 Rajab malam. Perjalanan itu berlangsung 2/3 malam. Awal nabi menerima perintah untuk menunaikan shalat 50 waktu.  Namun, setelah nabi mengajukan permohonan pengurangan waktu shalat, maka Allah akhirnya menetapkan perintah salat 5 waktu. Yakni, Magrib, Isya, Subuh, Dzuhur dan Ashar, semua itu disampaikan oleh  ustadz Fadholi .’’ paparnya

Sementara Tokoh Masyarakat Azim Cik Abun menambahkan bahwa melaksanakan peringatan keagaman memang memiliki nilai penting, selain meningkatkan pemahaman, juga sebagai bentuk memperingati hari besar islam.

“Kita tidak ingin masyatakat hanya mengingat hari besar nasional saja, tidak mengenal hari besar islam,” ungkapnya.

Terpisah Danramil 401-03/Sekayu Kapten inf Hermanto menambahkan bahwa pihaknya sangat mendukung serta memberikan apresiasi kepada pihak kecamatan Sungai Keruh yang telah dengan rutin melaksanakan kegiatan dalam rangkah memperingati hari besar Islam seperti ini.

 "Kegiatan seperti ini sangat penting bagi masyarakat, apalagi yang hadir ke masjid Thoyibatul Ihksan, tidak hanya para orang tua tetapi remaja dan juga anak-anak." ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Kapolsek Sungai Keruh Iptu Ade Nurdin, dimana dirinya turut senang karena antusias masyarakat yang cukup besar untuk menghadiri acara Isra Miraj.

"Saya sangat senang, dan tentunya lewat kegiatan ini masyarakat akan lebih memiliki kegiatan yang positif, ditambah lagi bisa mendengarkan ceramaah agama, dimana didalamnya ada ilmu dan informasi yang bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari." tutupnya.(RM)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.