Header Ads

Tampil Di TV Nasional, Gambo Muba Makin Mendunia

JAKARTA,BERITA-ONE.COM - Kain Jumputan Gambo Muba khas Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) semakin mendunia. Bertempat di Gedung Inews Tower Jakarta, Kamis (28/3/2019), Ketua TP PKK Kabupaten Muba, Hj Thia Yufada Dodi Reza tampil di MNC TV Nasional program Good Morning Indonesia “Talk Show Gambo Muba”.

Mengenakan jumputan Gambo Muba, istri Bupati Muba H Dodi Reza Alex Noerdin ini berbincang lansung secara live dengan menjawab sejumlah pertanyaan dari presenter MNC News terkait Gambo Muba.

Dikatakannya, sudah dua tahun terakhir ini dirinya sangat bersemangat untuk menggagas dn mempromosikan kain jumputan khas Kabupaten Muba yang dikenal dengan Gambo Muba dikarenakan, untuk di Indonesia hanya ada di pulau jawa dan sumatera penghasil kerajinan jumputan dan batik.

Thia juga mejelaskan, keberadaan produk Gambo Muba ini juga sekaligus mengkampanyekan komitmen go green dan mengencarkan produk kearifan lokal asli Kabupaten Muba.

"Getah gambir Muba ini merupakan getah gambir terbaik yang ada, jadi hasil olahan pewarna getah gambir kain jumputan gambo Muba ini memang menjadi buruan pecinta fashion, jadi gambo Muba ini menggunakan pewarna alami jadi aman untuk kesehatan kulit," jelasnya.

Ketua Dekranasda Kabupaten Muba ini juga memaparkan, untuk saat ini promosi Gambo Muba melalui media sosial, dan alhamdullilah respon sangat baik, bahka permintaan produk hingga ke luar negeri.

"Saat ini sudah banyak inovasi gambo Muba yang dibuatkan beberapa produk yang tidak hanya fashion kain jumputan dan jaket boomber tapi sekarang sudah ada tas, payung, dan pernak-pernik untuk souvenir yakni kain jumputan yang didesain menjadi seperti hewan gajah. Nah, inovasi-inovasi produk gambo Muba ini akan terus ditambah ke depannya," ungkap Thia.

Lanjutnya, saat ini sudah ada puluhan pelaku UMKM pengrajin gambo Muba di Bumi Serasan Sekate. "Bahkan, saat ini saja produk gambo Muba ini sangat banyak yang pesan dan waiting list, Alhamdulillah ini menjadi berkah bagi pengerajin gambo Muba," tambahnya.

Thia juga menyampaikan, saat ini Gambo Muba ada di Indonesia Fashion Week (IDFW) 2019 di Jakarta Convention Center (JCC) berlangsung pada tanggal 27-31 Maret 2019. Selain itu Gambo Muba juga akan tampil mengikuti Fashion Show by Dovi Rustam yang akan dihadiri 50 undangan pada Sabtu 30 Maret 2019 mendatang pukul  10.00 Wib bertempat di Plenary Hall JCC Jakarta.

Sebelumnya juga stand-stand Gambo Muba sudah bertengger di ajang pelaksanaan fashion yang bergengsi misalnya saja Palembang Fashion Week pada Desember 2018 lalu, Asian Games Agustus 2018, Pameran Kriyanusa September 2018 dan dalam waktu dekat akan ikut serta ajang Inacraft. (RM)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.