Header Ads

Rumah Imbron Nyaris Ambruk Akibat Longsor

MUARA ENIM, BERITA-ONE. COM-Sejumlah rumah warga yang berada di bantaran Sungai Enim tepatnya di kampung IV Desa Darmo, Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim, terancam longsor dan nyaris ambruk.

Pengamatan di lokasi, Sabtu (30/03/2019), setidaknya ada tiga rumah yang berada di kawasan tersebut. Diperkirakan jarak antara pemukiman warga dengan bibir sungai berkisar hanya 25 meter.

Salah satu pemilik rumah, Imbron (65), mengatakan, saat Ia membangun rumah, jarak bangunan dengan pinggiran sungai hampir 50 meter. Akibat tergerus oleh aliran sungai tersebut jarak rumah dengan sungai semangkin dekat, saat ini berjarak 25 meter.

“Permasalahan rumah yang hampir longsor ini sudah saya sampaikan ke perangakat Desa dan Kekecamatan berapa waktu yang lalu walau itu cuma secara lisan”, kata Imbron saat dibincangi wartawan di lokasi

Dikatakan Imron , pada tahun 2011/2012 perna ada banggunan pemerintah berbentuk  Beronjong untuk menahan tanah agar tidak longsor tapi saat iniberonjong terebut tidak terlihat lagi karna amblas “katanya

Selaras diungkap Abli, warga lainnya mengharapkan, kepada pemeritah atau pun pihak terkait, agar dapat membantu masyrakat yang rumahnya terancam longsor.

“Agar bisa kiranya membangun tembok penahan agar rumah masyarakat tidak  terbawa tanah yang longsor,” pintanya.(Tas)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.