Header Ads

Penyusunan RKPD 2020 Harus Berdasarkan Musrenbang Dan Hasil Reses DPRD

MUBA,BERITA-ONE.COM- Sekretaris Daerah Kabupaten Musi Banyuasin Drs H Apriyadi MSi membuka secara langsung Forum Perangkat Daerah di Aula Bappeda Muba, Rabu (20/3/2019).

Pada kesempatan tersebut Apriyadi berpesan kepada Perangkat Daerah terkait dalam penyusunan RKPD tahun 2020 harus memperhatikan hasil Murenbang dan hasil Reses yang dilakukan DPRD Muba.

"Kepada yang sedang menyusun RPKPD 2020 tolong diperhatikan beberapa hal hasil musrenbang kita, juga perlu diperhatikan usulan DPRD Muba yang merupakan hasil reses, mengacu pada isu strategis kita," ujar Sekda Muba.

Apriyadi juga berpesan kepada Perangkat Daerah yang bersentuhan langsung dengan program percepatan pengurangan angka kemiskinan untuk terus melakukan pembenahan diantaranya perbaikan basis data.

Sementara itu Kepala Bappeda Muba Ir Zulfakar MSi mengatakan tujuan Forum PD yakni untuk menyelaraskan program dan kegiatan perangkat daerah dengan usulan program dan kegiatan hasil musrenbang kecamatan dan hasil reses DPRD untuk renja Perangkat Daerah kabupaten yang sesuai dengan prioritas daerah, kemudian menpertajam indikator serta target kinerja program dan kegiatan Perangkat Daerah sesuai dengan tugas fungsi perangkat daerah, dan menyelaraskan program dan kegiatan antar Perangkat Daerah dalam rangka optimalisasi pencapaian sasaran sesuai dengan kewenangan dan sinergisitas pelaksanaan prioritas daerah.

"Isu strategis kita dari arah kebijakan pembangunan tahun 2020 adalah, percepatan penurunan angka kemiskinan, peningkatan daya beli masyarakat, peningkatan oenyediaan infrastruktur dasar, pemerataan pembangunan antar kecamatan, peningkatan peran generasi muda dan perempuan, peningkatan kemandirian pembiayaan pembangunan daerah, dan peningkatan penerapan inovasi," paparnya.

Untuk sinkronisasi arah kebijakan pembangunan tahun 2020 dengan Nasional, dan Provinsi, tema pembangunan Kabupaten Muba yaitu peningkatan peran generasi muda dan pemberdayaan perempuan dalam pembangunan daerah, tema Provinsi Sumsel peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui ekonomi kerakyatan dan pengurangan kemiskinan, dan tema pembangunan nasional Indonesia berpenghasilan menengah-tinggi yang sejahtera, adil dan berkesinambungan. (RM)

No comments

Powered by Blogger.