Header Ads

Pemkab Muba Terus Kembangkan Ekonomi Kerakyatan Melalui Koperasi

MUBA,BERITA-ONE.COM- Hal mendasar yang dihadapi Koperasi dan UKM pada umumnya terbatasnya sumber daya produktif seperti permodalan, teknologi dan informasi. yang menyebabkan Koperasi dan UKM sulit untuk meningkatkan kapasitas usahanya yang berdaya saing.

"Untuk mengatasi masalah tersebut, Pemkab Muba terus berupaya dan mengambil langkah-langkah kebijakan sesuai dengan arah kebijakan Pemkab Muba yaitu mengembangkan ekonomi kerakyatan yang berbasis pada agribisnis menuju agro industri dan meningkatkan sumber daya manusia". Hal tersebut dikatakan Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin melalui  Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Muba Ir Yusman Srianto MT saat membuka Sosialisasi Prinsip – Prinsip Pemahaman Perkoperasian Tahun Anggaran 2019 bertempat di Wisma Atlet Sekayu, Rabu (20/03/2019).

Lanjut Yusman, dalam rangka pemberdayaan koperasi ada beberapa strategi dan kebijakan perlu ditempuh diantaranya, melakukan revitalisasi koperasi dari beberapa koperasi yang tumbuh di wilayah Kabupaten Musi Banyuasin terutama di daerah pedesaan masih belum terlihat manfaat bagi masyarakat dan khususnya bagi anggota.  Untuk itu perlu mengembalikan fungsi koperasi di pedesaan agar berperan dalam memenuhi kebutuhan anggotanya dan masyarakat disekitarnya serta mampu memberikan kontribusi dalam pertumbuhan ekonomi desa.

"Melalui sosialisasi ini diharapkan peserta mampu mengatasi permasalahan dalam rangka memberdayakan koperasi dan menumbuhkembangkan wirausaha baru sehingga diharapkan ke depan mampu mengelola potensi dan sumber daya alam yang tersedia, bermanfaat untuk peningkatan kesejahteraan anggota dan masyarakat yang akhirnya dapat mengurangi tingkat pengangguran serta mengurangi angka kemiskinan di wilayah Kabupaten Musi Banyuasin", harapnya

Sementara itu Kepala Diskoperasi UKM H Zabidi SE MM dalam laporannya mengatakan tujuan sosialisasi ini dilakukan agar koperasi dapat membangun jaringan kerjasama usaha atau kemitraan yang lebih luas baik lokal, domestik maupun global antar koperasi maupun dengan badan usaha lainnya atas dasar saling membutuhkan, saling menguntungkan dan saling membangun kebersamaan.

"Peserta sosialisasi ini berasal dari pengurus koperasi/KUD Se-Muba dan mengundang Narasumber dari Akademisi Perguruan Tinggi Rahmaniyah Sekayu Hj Endang SE MM", dilaporkannya. (RM)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.