Header Ads

Gambo Muba Jadi Sorotan Di Indonesia Fashion Week

JAKARTA,BERITA-ONE.COM-Mengenakan jumputan Gambo Muba, Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin beserta istri Thia Yufada mengunjungi pelaksanaan Indonesia Fashion Week (IDFW) 2019 di Jakarta Convention Center (JCC). Kedatangan keduanya sekaligus juga untuk mengunjungi stand Gambo Muba yang tahun ini turut bertengger di ajang IFW 2019, Rabu (27/3/2019).

Dengan konsep go green, stand Gambo Muba tampil berbeda dari stand-stand fashion lainnya. Beberapa jenis kain jumputan Gambo Muba yang berbahan getah gambir ini pun membuat pengunjung IDFW 2019 silih berganti tertarik mengunjunginya dan ingin mengetahui lebih detail tentang proses pembuatan jumputan Gambo Muba.

Sebelumnya juga stand-stand Gambo Muba sudah bertengger di ajang pelaksanaan fashion yang bergengsi misalnya saja Palembang Fashion Week pada Desember 2018 lalu, Asian Games Agustus 2018, Pameran Kriyanusa September 2018 dan dalam waktu dekat akan ikut serta ajang Inacraft.

"Keikutsertaan Gambo Muba di ajang IDFW 2019 kali ini untuk lebih mengenalkan lagi keberadaan jumputan Gambo Muba yang merupakan produk eco fashion baik di Indonesia sendiri maupun di mancanegara," ujar Inisiator Gambo Muba yang juga Ketua TP PKK Muba, Thia Yufada.

Mantan Presenter Metro TV ini juga menjelaskan, keberadaan produk Gambo Muba ini juga sekaligus mengkampanyekan komitmen go green dan mengencarkan produk kearifan lokal asli Kabupaten Muba.

"Getah gambir Muba ini merupakan getah gambir terbaik yang ada, jadi hasil olahan pewarna getah gambir kain jumputan gambo Muba ini memang menjadi buruan pecinta fashion," urainya.

Thia yang juga dinobatkan sebagai Wanita Inspiratif 2018 berkat terobosan Gambo Muba ini menyebutkan, saat ini sudah banyak inovasi gambo Muba yang dibuatkan beberapa produk yang tidak hanya fashion kain jumputan dan jaket boomber.

"Jadi, sekarang sudah ada tas, payung, dan pernak-pernik untuk souvenir yakni kain jumputan yang didesain menjadi seperti hewan gajah. Nah, inovasi-inovasi produk gambo Muba ini akan terus ditambah ke depannya," ungkap Thia.

Lanjutnya, saat ini sudah ada puluhan pelaku UMKM pengrajin gambo Muba di Bumi Serasan Sekate. "Bahkan, saat ini saja produk gambo Muba ini sangat banyak yang pesan dan waiting list, Alhamdulillah ini menjadi berkah bagi pengerajin gambo Muba," tambahnya.

Sementara itu, Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin mengaku sangat optimis produk eco fashion gambo Muba ini akan meningkatkan kesejahteraan pelaku UMKM Gambo Muba dan petani gambir di Muba.

"Ini juga bentuk komitmen Pemkab Muba dalam menjalankan ekonomi go green yang ramah alam," imbuhnya.

Bahkan, Ketua Kamar Dagang Industri (Kadin) Sumsel ini juga menambahkan UMKM berupa kain Gambo Muba saat ini sudah dipasarkan di kancah internasional.

"Saat ini saja, Gambo Muba sudah dibawa dan dipasarkan di beberapa negara diantaranya Perth-Australia, dan ke depan saya akan mengajak berbagai pihak yakni diantaranya Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) untuk berdampingan memasarkan Gambo Muba dan membina pelaku UMKM nya ini supaya lebih dikenal lagi di negara-negara lain," tuturnya.

Dodi menambahkan, PR ke depan dari produk gambo Muba yakni harus siap untuk suplay ke depan jika gambo Muba ini sudah menjadi trend.

"Jadi persiapan ke depan kita harus maksimal mempersiapkan bahan baku yakni diantaranya pohon gambir dan petani gambir itu sendiri untuk melancarkan pembuatan produk-produk gambo Muba," pungkasnya. (RM)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.