Header Ads

Pertamina EP Sigap Atasi Kebocoran Gas Di Dusun 4 Sungai Deras

Pegawai Pertamina Sedang Mengatasi  Kebocoran Pipa Gas Milik PT Pertamina
PALI,BERITA-ONE.COM - PT. Pertamina Asset 2 Pendopo Field dengan sigap mengatasi kebocoran Pipa Gas yang terjadi di Dusun 4 Sungai Deras Desa persiapan Maju Jaya Kecamatan Talang Ubi Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI).

Dikatakan Assisten Manager Legal & Relation (LR) PT Pertamina EP Asset 2 Pendopo Field, Ferry Prasetyo Wibowo saat di hubungi Via Whatsap mengatakan, pihaknya menerima laporan dari masyarakat dan pemerintah setempat adanya kebocoran pipa gas di Dusun 4 Sungai Deras Desa Maju Jaya

" Kronologis kejadian pukul 10.00 WIB PT. Pertamina EP Pendopo mendapatkan informasi adanya kebocoran Pipa Gas di Dusun Sungai Deras Desa Maju Jaya Kecamatan Talang Ubi Kabupaten PALI dan Tim Security langsung ke Lokasi untuk mengamankan dan mensosialisasikan agar warga tidak menghidupkan Api di sekitar area yang terindikasi kebocoran pipa. Mengingat hal tersebut Pertamina EP Pendopo Field berkoordinasi dengan pemerintah desa memberikan bantuan makan siang sebanyak 150 paket kepada warga di sekitar area kebocoran gas dikarenakkan tidak bisa memasak untuk makan siang," ungkapnya, Selasa (19/2/2019).

Lanjut Ferry, Pada pukul 11.00 Tim RAM dan Operasi Produksi meluncur ke lokasi untuk mencari titik kebocoran, selanjutnya pada pukul 12.00 Tim RAM dan Ops Prod tiba di lokasi dan langsung mensterilkan area sekitar lokasi kebocoran serta memasang safety line untuk mencari titik kebocoran dan ditemukan bahwa sumber kebocoran berasal dari Pipa Gas dalam tanah, ujarnya.

Lanjut Ferry menjelaskan, pada pukul 13.00 tim RAM langsung meminta bantuan alat berat yang standby di Desa Talang Akar untuk menggali dan mencari Pipa Gas yang bocor dan alhamdulilah pada pukul 13.45  Tim sudah berhasil menemukan titik kebocoran di kedalaman 2 meter, setelah ditemukan Tim Ops Prod meminta rekan Produksi untuk shut down gas dari Benakat Timur agar pressure bisa turun. Serta pukul 15.00 Tim RAM dan Ops Produksi standby di lokasi untuk proses clamp Pipa yang bocol sambil menunggu pressure Gas turun dan Aman untuk dilakukan Peng clampan, dan pukul 17.00 kebocoran sudah bisa diatasi, katanya.

Masih Ferry, Indikasi kebocoran masih kami cari tahu dahulu, apakah korosif atau karena faktor lain dan saat ini, pihak Pertamina sudah berkoordinasi dengan Kepala Desa untuk membantu mengakomodir maupun mengkondisikan warga sekitar kebocoran gas, cetusnya.


Ferry juga menghimbau, kiranya masyarakat untuk tidak mendirikan bangunan, bercocok tanam dan menyalakan api di sepanjang jalur pipa milik PT. Pertamina EP mengingat, potensi bahaya yang mungkin timbul dan juga terima kasih kami ucapkan kepada masyarakat dan pemerintah desa yang telah peduli dan memberikan informasi terkait adanya kebocoran Gas di jalur pipa Pertamina EP, tutupnya.(SH)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.