Header Ads

Dinkes OKI Lakukan Koordinasi Terkait Dana BOK 2019 Yang Dihadiri Dari 18 Puskesmas Se OKI.

KAYU AGUNG OKI -BERITA-ONE. COM- Kepala dinas kesehatan kabupaten OKI H.Lubis MKS,M.Kes Melalui Sekdin Iwan Setiawan MKS,M.Kes mengatakan saat Diruangan Rapat,Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) mulai direalisasikan sejak pertengahan tahun 2010 untuk membantu puskesmas dan jaringannya serta upaya Kesehatan yang  bersumber daya Masyarakat (UKBM) dalam melaksanakan pelayanan kesehatan promotif dan preventif sesuai Standar Pelayanan Minimal (SPM),Ujarnya.

Sekdin Iwan Setiawan MKS,M.kes.juga menjelaskan Sekarang kita melakukan Koordinasi ke seluruh Puskesmas, yang ada di Kabupaten OKI Mengenai BOK untuk Tahun ini,Kegiatan Promatif(promo) dan preventif  jaring cek in ricek dipuskes.

Lanjut sekdin Iwan"Kegiatan Penyuluhan kepada masyarakat,Khususnya pelayanan Puskesmas terhadap masyarakat,ketika ditanya besaran Bantuan Operasional Kesehatan,Dirinya tidak bisa menjawab karena tergantung Tim penilaian BOK,yang Jelas Sementara ini yang kita lakukan Promotif dan Preventif (promo dan jaringan Kegiantan BPJS "jelasnya


Ditempat terpisah Dinas Kesehatan Provinsi Sumatra Selatan Ibu Raisya  mengatakan, BOK dimanfaatkan sepenuhnya secara langsung oleh Puskesmas untuk pelayanan kesehatan masyarakat dan tidak dijadikan sumber pendapatan daerah.

Menurut IBU ( Raisa)dalam hal ini  Pemanfaatan dana BOK harus berdasarkan hasil perencanaan yang matang dan dalam Loka karya Mini Puskesmas yang diselenggarakan secara rutin (periodik bulanan triwulanan)ungkapnya (As/Den)

No comments

Powered by Blogger.