Header Ads

Ronaldo Devinci, Pemuktahiran Data Kependudukan Serta Mempasilitasi Rekam Cetak KTP Bagi Warga Binaan


MUBA, BERITA-ONE.COM- Jelang pemilihan umum (Pemilu) yang akan digelar pada 17 April 2019, Kepala Lembaga pemasyarakatan (LAPAS) Kelas II B Sekayu, Ronaldo Devinci Talesa melakukan kordinasi dengan dinas Pendudukan dan catatan sipil (DISPENDUKCAPIL) , Komisi Pemilihan Umum (KPU), dan Badan pengawas pemilu (BAWASLU) Kabupaten Musi Banyuasin di ruang kerja Kepaka LAPAS Kelas II B Sekayu. 

Kamis (17/1) Kalapas Sekayu, Ronaldo Devinci Talesa mengatakan, kegiatan ini adalah untuk pumatakhiran data kependudukan Serta memfasilitasi rekam cetak Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el), khususnya bagi Warga Binaan Pemasyarakakan (WBP) yang belum memilikinya sebagai salah satu syarat mengikuti Pemilu 2019. 

“Untuk memastikan terpenuhinya hak pilih Warga Negara Indonesia yang di dalam lapas atau rutan guna menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2019,” ujar Ronaldo usai meenrima penyerahan KTP-el untuk Napi. 

Dikatanya, Lapas Sekayu berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, KPU, dan Bawaslu kabupaten Musi Banyuasin untuk mensukseskan kegiatan perekaman e-KTP untuk warga binaan. 

“Karena Pemilu adalah tanggungjawab semua lapisan. 

Bukan hanya panitia penyelenggara dan pemerintah, namun seluruh Warga Negara wajib berpartisipasi, tidak terkecuali bagi narapidana dan tahanan di seluruh Indonesia,” bebernya. 

Lanjutnya, Ronaldo berharap agar perekaman data di kalangan WBP bisa berjalan maksimal. Karena e-KTP tersbut merupakan persyaratan utama untuk menyalurkan hak pilih. “Mudah-mudahan bisa terakomodasi semua,,”harapnya. 

Sementara Kepala Disdukcapil Muba Asmarani menuturkan, terselengaranya kegiatan ini tersebut untuk menindaklanjuti Pelayanan Jemput Bola Perekaman KTP-el serta menyerahkan KTP yang sudah selesai dalam perekaman 27 desember kemarin. 

“Kita melakukan perekaman kepada warga binaan yang merupakan masyarakat asli Kabupaten Muba. Peremakan sendiri dilakukan oleh petugas dari Disdukcapil Muba terhadap seluruh napi di Lapas Kelas II B Sekayu khusus masyarakat Muba,”jelasnya. Sebelumnya, dinas catatan sipil (Disdukcapil) sudah melakukan perekaman dimana sebanyak 361 Napi dan sudah dilakukan pencetakan dan sudah diserahkan pada tanggal 27 desember 2018 sebanyak 328. 

Sementara, data yang ada NIK dan belum melakukan perekaman sebanyak 209, dan telah dilakukan perekaman pada tgl 27 Desember 2018 sebanyak 113, selebihnya sudah pulang ke tempat asal. Untuk hasil perekaman dapat di cetak 83 ktp, akan segera di serahkan, 140 tidak ada data kependudukan, sudah di serahkan formulir F1.01.(ROM)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.