Header Ads

Presiden Jokowi : Sekarang Jalan Tol Dari Merak Ke Pasuruan Sudah Tersambung


 Presiden dan rombongan saat meresmikan jalan tol
Jakarta,BERITA-ONE.COM.Setelah meresmikan 4 (empat) ruas tol di Jawa Timur, pagi harinya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan 3 ruas tol yang merupakan bagian dari tol Trans Jawa, di KM 383, Jembatan Kali Kuto, perbatasan antara Kabupaten Kendal dan Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Kamis (20/12) siang.

Ketiga ruas tol yang diresmikan itu adalah Ruas Pemalang-Batang, Batang-Semarang, dan Salatiga Kertasura.

Dalam sambutannya Presiden Jokowi mengatakan, dengan peresmian 7 (tujuh) ruas tol sepanjang Kamis ini, maka sejak hari ini jalan tol dari Merak (Banten) sampai ke Grati, Pasuruan, Jatim, telah tersambung dan bisa dilewati. Jakarta -Surabaya, Surabaya-Jakarta telah bisa dilewati.

Apa yang bisa diharapkan dari adanya jalan tol ini,  menurut Presiden, pertama pemerintah ingin memberikan pilihan kepada masyarakat.

“Mau lewat tol Trans Jawa silakan, mau lewat jalan nasional silakan,” kata Presiden seraya menambahkan, pemerintah ingin dengan dibangunnya jalan tol ini mobilitas barang, mobilitas logistik, mobilitas orang, jadi bisa lebih cepat lagi, lebih mudah, dan lebih murah
Menurut Presiden, pemerintah ingin setelah terbangunnya tol  ini, bisa terintegrasi dengan kawasan kawasan industri, bisa terintegrasi dengan kawasan kawasan ekonomi khusus, bisa terintegrasi dengan kawasan-kawasan wisata.

Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana berpose di atas Jembatan Kali Kuto, saat meresmikan 3 ruas tol bagian dari Jalan Tol Trans Jawa, di Semarang, Jateng, Kamis (20/12) siang. (Foto: OJI/Humas)
“Kita akan terus mendorong agar investasi-investasi bisa masuk ke kawasan kawasan industri baik yang baru maupun pengembangan yang lama. Dan kita harapkan dengan investasi ini lapangan kerja akan terbuka sebanyak-banyaknya,” ujar Presiden.

Yang kedua juga yang berkaitan dengan kawasan Wisata. Presiden menegaskan, pemerintah ingin kawasan-kawasan wisata yang terlalui oleh jalan tol bisa dikembangkan lebih baik lagi sehingga wisatawan yang datang juga lebih banyak.
“Kita harapkan bisa memberikan pertumbuhan ekonomi yang baik kepada daerah daerah yang dilalui,” ujar Presiden Jokowi seraya mempersilakan masyarakat yang ingin mencoba dari Merak sampai Pasuruan atau Jakarta sampai Surabaya,  mumpung masih gratis, khususnya untuk ruas tol yang baru.

Turut hadir dalam kesempatan itu antara lain Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto, Seskab Pramono Anung, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Rini Sumarno, Menhub Budi Karya Sumadi, dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Humas Seskab mengatakan, pada kesempatan itu Presiden Jokowi juga berkesempatan melepas Ekspedisi di jalan Tol Trans Jawa, peserta ekspedisi diantaranya Mobil tangki BBM Pertamina, Truk Pengangkut LPG 3KG, dan kendaraan lainnya. (SUR)



No comments

Powered by Blogger.