Header Ads

Kado Di Akhir Tahun, Kabupaten PALI Dapat Berbagai Bantuan Dari Gubernur

PALI, BERITA-ONE.COM - Pemerintah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) mendapatkan perhatian serius dari Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) maupun pusat, bagaimana tidak dengan terobosan program - program hatinya PKK, Pemerintah Kabupaten PALI dapat berbagai bantuan bahkan Kabupaten PALI dinobatkan rangking pertama dari 514 kabupaten/kota di Indonesia sebagai kabupaten kategori Sanitasi berbasis masyarakat, pada  Hari Kesehatan Nasional yang ke 50 tahun sekaligus Deklarasi Kabupaten PALI sebagai Kabupaten Stop Buang Air Besar Sembarangan, yang berlangsung dilapangan Sanggar Pramuka Kecamatan Talang Ubi, Kamis (20/12/2018).

Dicetuskan Direktur Kesehatan Republik Indonesia (RI) Imran Agus saat menyampaikan pidatonyo, bahwa Kabupaten PALI meraih rangking pertama dalam Sanitasi Berbasis Masyarakat, menyaingi 514 Kabupaten/Kota yang ada di Indonesia.

" Deklarasi ini pertama kali dilakukan di Sumsel yakni di Kabupaten PALI dan diharapkan bisa ditiru Kabupaten/kota lainnya di Sumsel. Untuk kategori Sanitasi berbasis masyarakat, PALI meraih rengking pertama dari 514 kabupaten/kota di Indonesia dan tentunya kita akan beri penghargaan," ujarnya

Sementara itu, Ketua Tim PKK kabupaten PALI Ir hj Sri Kustina Heri Amalindo menjelaskan, Beberapa tahun lalu masyarakat Kabupaten PALI masih banyak yang meseng sembarangan atau yang lebih dikenal dengan wc terbang ke sungai. Tentunya dengan perilaku tersebut dapat menyebabkan penyakit Diare dan lain sebagainya. Maka dari itu, kami mengajak Dinas kesehatan, Lurah, dan Kepala Desa untuk bersama - sama mencari solusi yakni timbullah program Sanitasi Berbasis Masyarakat dan alhamdulilah membuahkan hasil.

" Pada tahun 2016 kami terapkan di Desa Raja Barat yang bebas meseng sembarangan dan selanjutnya desa ini kami ikutkan perlombaan dan alhamdulilah desa ini mendapatkan juara pertama se Provinsi Sumsel," ceritanya.

Lanjut Sri Kustina, " Bertepatan hari kesehatan nasional Kabupaten PALI mendeklarasikan Kabupaten Bebas Meseng Sembarangan, kabupaten sehat dalam penerapan sanitasi lokal dan tentunya kami berharap Kabupaten PALI sebagai kabupaten percontohan baik provinsi maupun nasional, harapnya.

Mendengar prestasi tersebut, Gubernur Sumsel Herman Deru tak tinggal diam bahkan saat pidatonyo dia akan memberikan berbagai bantuan ke Kabupaten PALI

" Selamat Kabupaten PALI dalam program Sanitasi Berbasis Masyarakat memdapatkan nilai tertinggi mengalahkan 514 kabupaten/kota yang ada, bahkan pulau jawa dan DKI sekalipun. Kabupaten ini patut dicontoh, tentunya ini  pemikiran kreatif d engan program tersebut bisa meraih prestasi ini, karena dengan prestasi akan menjadi sorotan seluruh elemen termasuk pemerintah pusat. Selain harus kreatif, juga dituntut untuk mempunyai rasa memiliki," ujar Gubernur Herman Deru

Lanjutnya, " Kabupaten PALI sudah tentu akan kita bantu, sebagai prestasi yang telah dirah kita akan menyelsaikan pembangunan Rumah Sakit Pratama dan akan kami anggarkan sebesar 15 Milyar, dan juga kami akan memberikan sarana olahraga sebesar 10 Milyar serta gedung kerja sebesar 10 Milyar ditambah Infrastruktur jalan dan jembatan," katanya.(SH)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.