Header Ads

Team Opsnal Harda Polres Bireuen Berhasil Bongkar Kasus Penipuan Umrah.

Tersangka Zuhri Bin Hasan (duduk)Direktur  Travel Harum Manis penipu umrah terhadap 19 calon jamaah
BIREUEN,BERITA-ONE.COM-Team Opsnal Harda Polres Bireuen,berhasil Meringkus Direktur  Travel Harum Manis ,Herzian Zuhri Bin Hasan (35) PNS warga Desa Cot Pluh Kecamatan. Samatiga Kabupaten. Aceh Barat, diringkus Team  Opsnal  Harda Polres Bireuen ,selasa ( 13/11/2018 ) beliau diduga telah melakukan penipuan umrah terhadap 19 calon jamaah.

Kapolres Bireuen AKBP Gugun Hardi Gunawan SIK melalui Kasat Reskrim Iptu Eko Rendi Oktama SH kepada media beritaone Selasa  (13/11) mengatakan tersangka di tangkap di rumahnya bertempat di Desa Alue Dua Bakaran Batee Kecamatan. Langsa Baro Kabupaten Langsa.

"Tersangka Herzian Zuhri  Bin Hasan  diringkus Team Opsnal Harda Polres Bireuen,karena diduga telah melakukan tindak pidana penipuan Umroh Harum Manis terhadap korban Syarifah Maisyura sebagaimana dimaksud dalam pasal 378 KUH Pidana".Tentang Penipuan yang berbunyi, "Barang siapa dengan maksud untuk menguntungkan diri sendiri atau orang lain dengan melawan hukum, dengan memakai nama palsu atau martabat palsu, dengan tipu muslihat ataupun dengan rangkaian kebohongan menggerakkan orang lain untuk menyerahkan sesuatu benda kepadanya, atau supaya memberi hutang maupun menghapuskan piutang, diancam karena penipuan dengan pidana penjara paling lama 4 tahun."

Dari data yang diterima media berita-one.com selasa (13/11/2018) dari pihak Polres Bireuen,korban penipuan umrah yang dilakukan tersangka berasal dari beberapa Kabupaten/ kota di Aceh,diantaranya calon jamaah Bireuen sebanyak 2 orang, Aceh Barat 4 orang dan jamaah Langsa sebanyak 11 orang, namun sudah diselesaikan serta untuk korban tasik malaya sebanyak 2 orang.

Kerugian  yang dialami jama'ah seluruhnya Rp.350.000.000 (tiga ratus lima puluh juta rupiah). Khusus untuk korban di Bireuen mengalami kerugian Rp. 41.600.000,- (empat puluh satu juta enam ratus ribu rupiah).

Dalam penangkapan  yang dilakukan Team  Opsnal Harda Polres Bireuen,"Tersangka mengakui telah menipu jamaah, travel harum manis  dikarenakan tidak terdaftar di kementrian agama pusat.

Oleh karena itu Kapolres Bireuen,AKBP.Gugun Hardi Gunawan SIK ,melalui  Kasat Reskrim Iptu Eko Rendi Oktama SH ,menghimbau "Jika ada korban lainnya, silahkan segera melapor kepolres Bireuen,supaya kasus penipuan seperti ini dapat terus meluas.( Hendra)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.