Header Ads

Dikelola BUMD, Muba Miliki Storage Minyak Terbesar Di Indonesia

MUBA,BERITA-ONE.COM- Sebagai Daerah Penghasil  Minyak, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) akhirnya resmi memiliki Storage (tempat penyimpanan/stasiun pengumpul) minyak mentah yang dibangun diatas lahan seluas 2 hektare di Desa Babat Kecamatan Babat Toman. Keberadaan storage ini merupakan hasil kerjasama Pertamina Babat Kukui, Petro Muba, dan PDPDE Gas. 

"Storage minyak mentah ini bertujuan untuk menampung minyak hasil olahan dari sumur tua di daerah Babat Toman dan dilakukan pemisahan antara minyak dan air lumpur hingga dibawah 5 persen seperti yang disyaratkan oleh Pertamina," ungkap Sekretaris Daerah Muba, Drs Apriyadi MSi didampingi Direktur Utama PT Petro Muba Yuliar SE dan Sekretaris Corporate PT Pertro Muba Drs M Rasyid di sela meninjau lokasi Storage minyak mentah Desa Babat. 

Apriyadi menjelaskan, storage minyak mentah di Desa Babat ini pertama di Indonesia yang dikelola oleh BUMD serta memiliki kapasitas yang besar. "Kami berharap ini dapat berkontribusi positif ke depannya," harapnya.

Dijelaskan, storage ini terdiri dari 18 tanki yang terdiri dari 9 tanki settling dan 9 tanki storage dengan masing-masing kapasitas tanki 40 kiloliter. "Minyak dari masyarakat di hisap dengan pompa unloading pump dengan kapasitas 800 liter per menit," jelasnya.

Kemudian, pompa tersebut sebanyak 3 unit dengan pola 2 operasi 1 unit standby. Setelah diendapkan selama 6 jam endapan lumpur dan air dihisap pompa sloop pump menuju separator untuk kembali dipisahkan antara air dan sisa minyak. 

"Sisa minyak dipompa kembali ke storage tanki minyak dari settling tank yang telah memenuhi persyaratan kemudian dipompa dengan transfer pump dengan kapasitas 800 liter per menit menuju storage tank," imbuhnya. 

Lanjutnya, untuk safety dilengkapi dengan hydrant di sekeliling area  dengan 6 pillar hydrant, 2 diesel pump dan fire water tank dengan kapasitas 2x70 kilo liter. Dengan perkiraan bisa mencover 1 1/2 - 2 jam accident sebelum bantuan datang. "Di area Tanki, rumah pompa, ruang panel dan arra bongkar muat minyak dilengkapi dengan fire detector," tambahnya.

Storage ini dijadwalkan akan diresmikan pada akhir November dan  akan diresmikan secara langsung oleh Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin. (RM)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.