Home » , , , » Heri Amalindo Ajak Masyarakat Ciptakan Menu B2SA

Heri Amalindo Ajak Masyarakat Ciptakan Menu B2SA

Written By Berita One on Senin, 15 Oktober 2018 | 10.16.00

Bupati Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Heri Amalindo Ajak Masyarakat Ciptakan Menu B2SA
PALI,BERITA-ONE.COM - Bupati Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Heri Amalindo mengajak masyarakat di Bumi Serepat Serasan terutama masyarakat desa agar kreatif menciptakan menu makanan yang Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman dikonsumsi (B2SA), Hal ini disampaikannya pada saat Heri Amalindo Ajak Masyarakat Ciptakan Menu B2SA
di Gelora November Komperta Kecamatan Talang Ubi, Senin (15/10/2018).

Dikatakan Bupati, Masyarakat harus terus berinovasi untuk mengantisipasi kebosanan mengonsumsi makanan sehari-hari, serta memenuhi kebutuhan gizi yang seimbang dalam keluarganya masing-masing. Sebagai contoh, kita sebenarnya tidak harus makan nasi terus. Ada bermacam alternatif lain. Karena nasi itu terkenal dengan kadar gulanya yang tinggi. Jadi konsumsi nasi putih berlebihan bisa menyebabkan diabetes, ujarnya.

Selain itu, lanjut Bupati, ada banyak makanan pengganti beras atau nasi, yang mempunyai kandungan karbohidrat yang sama, antara lain singkong, ubi jalar, kentang, dan sebagainya. Jika pandai memasaknya, olahan makanan tersebut bisa sangat enak serta menarik untuk menjadi pengganti nasi, katanya.

Heri juga minta kegiatan lomba ini jangan setahun sekali, karena sumber daya lokal pangan di Kabupaten PALI cukup banyak, dan kegiatan ini harus dimasyarakatkan untuk mendongkrak PAD maupun beragam olahan makan non beras dan bagi pemenang lomba menunya harus di patenkan dan berikutnya yang menang tidak boleh lagi mengikuti lomba kedepan, namun kita suruh mereka menciptakan menu yang baru, supaya terciptanya menu - menu yang baru, jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten PALI Agen Eleidi mengatakan, Kegiatan lomba B2SA bertujuan mengapilkasikan menu makanan non beras dan mensosialisasikan ke masyarakat jangan sampai ketergantungan dengan beras, karena Kabupaten PALI ketersediaan bahan pangan cukup banyak dan terjangkau serta mendorong kreatifitas menciptakan menu B2SA berbasis sumber daya lokal, katanya.

Selain itu, tambahnya. Peserta berjumlah 31 yang terdiri dari tingkat SMP 10 peserta, tingkat SMA/SMK 11 peserta, dan PKK desa maupun kelurahan berjumlah 10 peserta se Kabupaten PALI. Bagi pemenang lomba khusus PKK akan dikirim ke tingkat Provinsi mewakili Kabupaten PALI, tandasnya.

Adapun pemenang lomba B2SA tahun 2018 tinkat SMP yakni. Harapan 3 diraih SMP 1 Tanah Abang. Harapan 2 diraih SMP 2 Penukal, Harapan 1 diraih SMPN 4 Penukal dan Juara 3 diraih SMPN 1 Abab, Juara 2 diraih SMPN Tanah Abang, Juara 1 diraih SMPN 1 Penukal.

Tingkat SMA.
Harapan 3 diraih SMKN 1 Talang Ubi, Harapan 2 diraih SMAN Tanah Abang, Harapan 1 diraih SMA PGRI Tanah Abang, dan Juara 3 diraih SMK 1 Penukal, Juara 2 diraih SMAN 1 Penukal, Juara 1 diraih SMAN 1 Talang Ubi.

Tingkat Desa maupun Kelurahan. Harapan 3 diraih Desa Tanah Abang Selatan, Harapan 2 diraih Desa Betung Selatan, Harapan 1 diraih Desa Tanah Abang Utara dan Juara 3 diraih Kelurahan Talang Ubi Timur, Juara 2 diraih Kelurahan Talang Ubi Barat, Juara 1 diraih Kelurahan Talang Ubi Selatan.(SH/ADV)
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : WebMaster | Jun Manurung Copyright © 2011. Berita One - All Rights Reserved
Template Created by Posmetro Ciber Group Proudly powered by Blogger