Home » , , , » Cagub Sultra Dan Walikota Kendari Diadili Karena Terima Suap.

Cagub Sultra Dan Walikota Kendari Diadili Karena Terima Suap.

Written By Berita One on Rabu, 18 Juli 2018 | 10.00.00

Asrun dan Adriatma diadili  di Pengadilan Tipikor Jakarta.
Jakarta,BERIT-ONE.COM-Bapak anak,  Asrun dan Adriatma  Dwi Putra, yang  notanene Calon Gubernur (Cagub) Sulawesi Tenggara (Sultra) dan Walikota Kendari,  oleh Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)   mulai diadili di Pengadilan Tipikor Jakarta, 18 Juli 2018.

Jaksa Ali Fikri dalam dakwaannya mengatakan
calon gubernur Sultra Asrun,  menerima suap Rp 6,7 miliar dari mantan Direktur Utama PT Sarana Bangun Nusantara Hasmun Hamzah terkait kepentingan Pilkada 2018.

"Terdakwa Asrun melakukan perbuatan menerima hadiah berupa uang tersebut  bersama-sama dengan anaknya, Walikota Kendari  Adriatma Dwi Putra,  dan mantan Kepala BPKAD Kota Kendari Fatmawati Faqih," kata jaksa Ali Fikri .

Kedua terdakwa, Asrun dan Adriatma dinyatakan  melanggar pasal 12 huruf b UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP juncto pasal 64 ayat (1) KUHP.

Jaksa menjelaskan,  suap  diterima Asrun untuk  menangkan  perusahaan Hamzah (oleh Jaksa Hamzah  sudah dituntut 3 tahun penjara)  dalam  menggarap proyek proyek yang ada  di Kota tersebut  diantaranya gedung DPRD Kota Kendari dan pembangunan jalan Bungkutoko Kendari New Port.

"Uang suap  sebagai jatah dengan jumlah Rp 4 milyar itu akan digunakan terdakwa sebabagai biaya  kampanye terdakwa Asrun , maju dalam pemilihan gubernur Sultra," katanya.

Masih kata Jaksa,  Asrun juga meminta dana sebesar Rp2,8 miliar kepada Hamzah melalui Adriatma dan Fatmawati. Dan diberi juga oleh Hamzah uang sebesar Rp 2,8 milyar, malah setelah dihitung tidak sebesar itu, kata Jaksa.

Seperti diberitakan oleh BERITA-ONE.COM beberapa wakru lalu, bahwa  KPK menangkap  Asrun dan Adriatma 28 Februari lalu. Dan Asrun ayah Adriatma yang menjadi Walikota Kendari selama dua periode yakni 2007-2012 dan 2012-2017.

Pada pilkada 2017, digantikan oleh anaknya, Adriatma. Dan sang ayah,
Asrun, mencalonkan diri sebagai calgub  Sultra 2018, tapi kalah. (SUR).

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : WebMaster | Jun Manurung Copyright © 2011. Berita One - All Rights Reserved
Template Created by Posmetro Ciber Group Proudly powered by Blogger