Home » , » Misniati : Untuk Menjaga Integritas Siswa, Soal Ujian Diunduh Saat UNBK Akan Di Mulai

Misniati : Untuk Menjaga Integritas Siswa, Soal Ujian Diunduh Saat UNBK Akan Di Mulai

Written By Berita One on Senin, 02 April 2018 | 16.15.00

MUARA ENIM, BERITA-ONE.COM-Pada Hari pertama Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMK mulai dilaksanakan Senin (2/4/2018) sampai Kamis (5/4/2018) mendatang, UNBK ini diikuti oleh 2.605 siswa dari 17 sekolah di Kabupaten Muara Enim.

Berdasarkan pemantauan Berita-one.com dilapangan,  UNBK ini dilaksanakan dalam tiga sesi. Pada sesi pertama ujian dimulai pada pukul 07.30- 9.30. Sesi kedua dimulai pukul 10.30- 12.30, dan sesi terakhir dimulai pukul 14.00- 16.00. Ini di SMK Negeri 1 Muara Enim.

Dalam pelaksanaan UNBK tersebut itu Ada tujuh laboraturium komputer yang digunakan sebagai ruangan ujian bagi siswa, Masing-masing lab berisi 25 komputer yang sudah terhubung ke internet, SMK Negeri 1 Muara Enim sendiri total ada 419 siswa dari tiga sekolah yang mengikuti UNBK, Masing-masing 386 siswa SMKN 1 Muara Enim, 27 siswa SMK Serasan dan 7 siswa SMK Handayani.

Kepala SMKN 1 Muara Enim, Misniati,Spd yang juga Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Kabupaten Muara Enim, mengatakan, ada empat mata pelajaran yang diujikan pada UNBK tingkat SMK. Yakni Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan Teori Kejuruan, tetapi untuk soal ujian, diunduh saat UNBK akan dimulai. “Hal ini untuk menjaga integritas dan kejujuran siswa, sehingga kemungkinan untuk berbuat curang sangat kecil bahkan hamper tidak ada,” ujarnya.

Masih kata Misniati, Peserta ujian, lanjutnya, diberikan waktu 120 menit untuk menjawab soal dengan bentuk multiple choice (pilihan ganda). Untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris ada 50 soal, sedangkan untuk Matematika dan Teori Kejuruan ada 40 soal. “Khusus untuk Matematika, selain pilihan ganda ada juga soal essay,” katanya.

"Untuk diketahui, UNBK tahun ini sama seperti di tahun sebelumnya. Hanya saja, pada Prosedur Operasional Standar (POS) UN 2018, tidak melibatkan kepolisian untuk pengamanan. “Di POS UN, tidak ada lagi pengamanan, karena soal diunduh saat ujian dimulai. Namun jika sekolah yang ujiannya menggunakan kertas dan pensil, pengamanan untuk soal dan jawaban masih ada,” jelas Misniati.(Tas)
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : WebMaster | Jun Manurung Copyright © 2011. Berita One - All Rights Reserved
Template Created by Posmetro Ciber Group Proudly powered by Blogger