Home » , , » TKI Zaini Dieksekusi Mati Di Arab Saudi.

TKI Zaini Dieksekusi Mati Di Arab Saudi.

Written By Berita One on Senin, 19 Maret 2018 | 07.11.00

Ilustrasi
Jakarta,BERITA-ONE.COM-Berita duka TKI (Tenaga Kerja Indonesia) dari Arab Saudi kembali terjadi. Kini Muhammad Zaini Misrin (53) tahun asal Desa Kebun, Kecamtan Kamal, Kabupaten Bangkalan Madura, dikabarkan telah dieksekusi mati oleh pemerintah negeri tersebut pada hari Minggu 18/3/2001 lalu.

Keterangan yang dapat dihimpun mengatakan,  Zaini oleh pengadilan  dinilai terbukti bersalah membunuh majikannya, Abdullah bin Umar Muhammad Al Sindy. WNI yang satu ini sudah   lebih dari 30 tahun mengadu nasib di Saudi dan  bekerja sebagai sopir.

Zaini  ditangkap polisi setempat  13 Juli 2004, polisi Saudi menangkap Zaini  dengan  tuduhan membunuh majikan. Direktur Eksekutif Migrant Care Wahyu Susilo mengatakan selama proses hukum, Zaini menyatakan dirinya dipaksa mengaku telah membunuh.

Dikabarkan, Zaini mendapat tekanan dari aparat Saudi Arabia untuk membuat pengakuan bahwa dia melakukan pembunuhan (perbuatan yang tidak dilakukannya)," kata Wahyu dalam keterangannya. Dalam  proses peradilan,  Zaini hanya didampingi penerjemah asal Saudi. Ironisnya, kata Wahyu, penerjemah itu juga tak netral.

Zaini dijatuhi hukuman  pada 17 November 2008 dan pernah bilang kepada
KJRI bahwa dirinya dipaksa mengakui perbuatan pembunuhan terhadap majikan karena  tekanan dari polisi.

Upaya pembebasan atas hukuman mati yang dijatuhkan kepada Zaini  sudah dilakukan oleh sejumlah pihak termasuk Presiden Jokowi dalam lawatannya ke Saudi pada September 2015 dan  pada  saat Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz berkunjung ke Indonesia pada Maret 2017 dan lainnya, namun Zaini tetap dieksekusi mati  Minggu kemarin.(SUR/BS).
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : WebMaster | Jun Manurung Copyright © 2011. Berita One - All Rights Reserved
Template Created by Posmetro Ciber Group Proudly powered by Blogger