Header Ads

Pemkab Muara Enim Gelar Forum Perangkat Daerah,Untuk Menyelaraskan Usulan Masyarakat

MUARA ENIM, BERITA-ONE.COM-Pemerintah Kabupaten Muara Enim gelar Forum Perangkat Daerah yang diselenggarakan dari hari Senin (12/3/2018) hingga Kamis (16/3/2018), di ruang rapat Pangripta Nusantara Bappeda Muara Enim, kegiatan ini dihadiri oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kabupaten Muara Enim dan anggota DPRD Kabupaten Muara Enim, acara ini dibuka langsung oleh Bupati Muara Enim Ir. H. Muzakir Sai Sohar.

Bupati Muara Enim Ir. H. Muzakir Sai Sohar mengatakan dalam sambutannya, forum perangkat daerah dimaksudkan untuk menyelaraskan antara usulan masyarakat melalui hasil musrenbang kecamatan dan desa sebagai proses perencanaan bottom up, pokok pikiran legislatif melalui laporan hasil reses DPRD Muara Enim, serta rencana program dan kegiatan yang diusulkan masing-masing OPD,"Output dari forum perangkat daerah ini adalah rancangan RKPD tahun 2019, sebagai penyempurnaan dari rancangan awal RKPD Kabupaten Muara Enim tahun 2019 yang telah disusun sebagai proses perencanaan teknokratik,” katanya.

Hal ini, papar Muzakir, merupakan upaya untuk mewujudkan tujuan pembangunan yang telah disepakati bersama, sehingga apa yang kita programkan benar-benar sesuai kebutuhan masyarakat. Ujar Muzakir.

Untuk itu, dirinya berharap kegiatan tersebut dapat membahas rencana program dan kegiatan yang benar-benar prioritas, sehingga output akhir perencanaan pembangunan tahunan berupa RKPD, Rencana Kerja (Renja) perangkat daerah, Kebijakan Umum APBD (KUA), Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS), dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2019 semakin aspiratif dan akomodatif sebagaimana harapan seluruh masyarakat Kabupaten Muara Enim.Jelas Muzakir.

Muzakir juga menyampaikan, untuk menyusun RKPD yang bersifat aspiratif, tentunya diperlukan koordinasi, konsultasi, dan sinkronisasi program dan kegiatan dari seluruh pemangku kepentingan (stakeholders).
“Selain sebagai wujud konsultasi, koordinasi, dan sinkronisasi, kegiatan itu juga sebagai bahan musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) Muara Enim tahun 2018 yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat,” tukasnya.

Rencana Pembangunan tahun 2019, ungkap Muzakir, mengangkat tema ‘Pemerataan Pembangunan untuk Pertumbuhan Berkualitas’. Rencana pembangunan itu dengan rancangan prioritas pada pembangunan sumberdaya manusia, difokuskan pada pembangunan pendidikan, kesehatan, dan penanggulangan kemiskinan. Kemudian peningkatan infrastruktur dasar dan penunjang perekonomian, difokuskan pada pembangunan infrastruktur dan sektor unggulan, serta tata kelola pemerintahan yang baik.
Bupati juga berpesan agar OPD perlu mengoptimalkan kembali program penguatan kapasitas kecamatan secara lebih terarah, efisien, dan sesuai kemampuan anggaran.

“Saya berharap penyusunan alokasi anggaran dalam program prioritas tahun 2019 dilakukan secara proporsional, sesuai ketersediaan anggaran serta dapat mencapai target indikator mikro yang telah kita sepakati,” pungkasnya. (Tas)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.