Home » , , , » Hakim Dan Panitera PN Tangerang Jadi Tersangka Kasus Suap

Hakim Dan Panitera PN Tangerang Jadi Tersangka Kasus Suap

Written By Berita One on Selasa, 13 Maret 2018 | 07.16.00

Hakim Wahyu Widya Nurfitri SH.
Jakarta,BERITA-ONE.COM-Didahului dengan gelar perkara dan  ditemukannya minimal dua alat bukti,  akhirnya Komisi Pemberantasan Koruosi (KPK) menetapkan hakim Wahyu Widya Nurfitri (WWN)  dan Panitera Pengganti ( PP) Tuty Amelia ( TA) dari Pengadilan Negeri Tangerang, Banten,  ditetapkan sebagai tersangka kasus suap yang tertangkap kemarin.

Dalam hal ini KPK juga  menetapkan dua orang pengacara berinisial Agus  Wiratno (AW)  dan HM Saipudin  (HMS) sebagai tersangka. Status tersangka terhadap mereka dikatakan oleh Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan dalam jumpa pers di kantor KPK, di Jakarta Selasa,13 Maret 2018.

Disebutkan  dalam kasus ini, WWN dan TA diduga menerima suap dari AGS dan AMS, terkait  perkara perdata yang disidangkan di PN Tangerang dan ditangani oleh hakim WWN tetsebut.

Menurut dugaan sementara oknum hakim  WWN menerima uang  suap dari pengacara AGS dan AMS itu melalui Tuti, dengan total suap Rp 30 juta.  Uang kharam itu diberikan melalui dua tahap, pertama  diberikan  Rp 7,5 juta. Sedangkan sisanya Rp 22,5 juta  diberikan  olah AGS  kepada panitera Tuti, dan tak lama kemudian di OTT oleh petugas lembaga anti rasuah tersebut.

KPK menjaring keduanya WWN dan TA  Pasal 12 huruf c atau Pasal 11 UU Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dalam UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 Ayat 1 ke-1 KUHP.

Sementara  AGS dan AMS disangkakan Pasal 6 Ayat 1 huruf a atau Pasal 13 UU Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dalam UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 Ayat 1 ke-1 KUHAP.

Sebelumnya dalam kasus ini dikabarkan ditangkap 7 orang terkait kasus perdata yang sedang dalam proses di Pengadilan Tangerang NO: 426/Pdtg/PN Tangerang. Namun dalam konperensi pers tersebut yang ditetapkan sebagai tersangka 4 orang.(SUR).
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : WebMaster | Jun Manurung Copyright © 2011. Berita One - All Rights Reserved
Template Created by Posmetro Ciber Group Proudly powered by Blogger